7 Panduan Menu Diet Mayo Sehat dan Mengenyangkan

DietSehat – Pada umumnya, diet menjadi salah satu cara seseorang untuk memperoleh tubuh yang ideal. Pola makan yang bisa diterapkan untuk diet juga beraneka ragam. Anda bisa mencoba menu diet mayo sehat. Tak hanya lezat di lidah, pola diet mayo menjadi salah satu tren yang banyak digunakan untuk mendapatkan badan yang proporsional.

Diet mayo pertama kali dikenalkan oleh Mayo Clinic di Amerika. Diet ini tak hanya mengharuskan Anda menjaga asupan, tetapi juga melakukan aktivitas fisik yang bisa menyegarkan tubuh Anda. Mau tahu tentang diet mayo secara detail dan manfaatnya? Simak saja ulasan ini sampai selesai!

menu diet mayo

Aturan Diet Mayo

Secara umum diet mayo merupakan pola diet yang berkaitan dengan pembatasan garam dan karbohidrat. Hal ini dikarenakan dua nutrisi tersebut menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami kelebihan berat badan. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu melakukan hitungan singkat terkait jumlah asupan yang sesuai dengan tubuh Anda.

Kalori tubuh harus memenuhi standar ideal yakni berkisar antara 1200-1800 gram, tergantung jenis kelamin dan berat badan awal Anda. Memastikan hitungannya menjadi penting karena akan bersinggungan dengan menu makanan yang cocok untuk dikonsumsi. Memperbanyak buah dan sayur menjadi pondasi dalam menjalankan diet mayo ini.

Batasi asupan lemak, gula, dan memperbanyak asupan protein juga menjadi salah satu aturan dalam menu diet mayo. Anjuran untuk memasak makanan dengan dikukus atau direbus menjadi lebih utama daripada mengonsumsi sesuatu dengan cara digoreng. Minyak menjadi salah satu faktor yang membuat Anda lebih cepat mengalami kenaikan berat badan.

Anda bisa menerapkan menu diet mayo untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Tak seperti menu diet lain yang menghilangkan salah satu waktu makan, diet mayo menganjurkan untuk tetap mengonsumsi makanan secara teratur. Hanya saja, Anda perlu menakarnya agar segala asupan yang masuk ke dalam tubuh telah sesuai dengan pola diet mayo yang sedang dijalankan.

Contoh Menu Diet Mayo

Berikut penjelasan tentang contoh menu diet mayo untuk sarapan, makan siang hingga makan malam, diantaranya:

– Diet Mayo Hari Pertama

  • Menu sarapan: minum teh atau kopi dengan gula. Usahakan tidak mengonsumsi susu dan turunannya. Pisang bisa menjadi salah satu menu andalan pada waktu sarapan.
  • Menu diet mayo untuk makan siang : ayam kukus tanpa kulit, sayuran rebus seperti kentang, kacang panjang, dan wortel. Pastikan benar-benar matang untuk dikonsumsi
  • Menu makan malam: salad sayuran dengan tambahan mayonaise atau minyak zaitun untuk menambah cita rasa.

– Diet Mayo Hari Kedua

  • Menu diet mayo untuk sarapan : jus buah naga dengan gula, tanpa menggunakan susu.
  • Menu makan siang: bola-bola daging, mash potatoes, dan sayur hijau.
  • Menu makan malam: roti dan telur, ditambah sayur seperti tomat dan asparagus.

– Diet Mayo Hari Ketiga

  • Menu makan pagi : roti bakar dengan selai atau mentega.
  • Menu makan siang: menu ikan, bisa dipepes atau dipanggang, tahu tempe bacem, dan urap.
  • Menu makan malam : daging tanpa lemak, sayur bayam dan jagung, ditambah buah. Bisa apel atau pear.

– Diet Mayo Hari Keempat

  • Menu diet mayo untuk sarapan: Roti tawar dengan telur, boleh ditambah tomat dan selada seperti sandwich.
  • Menu makan siang : Daging panggang, kentang, dan sayuran
  • Menu makan malam : salad buah dengan tambahan yogurt

– Diet Mayo Hari Kelima

  • Menu sarapan: jus buah dengan jagung rebus atau ketela rebus
  • Menu makan siang : dada ayam rebus, boleh ditambah sedikit garam sebagai penyedap, tambah sayur pelengkap seperti wortel dan buncis
  • Menu makan malam : telur rebus, boleh ditambah keju dan mayonaise.

– Menu Diet Mayo Hari Keenam

  • Sarapan untuk diet mayo : oatmeal, apel, kopi hitam dengan gula
  • Menu makan siang: olahan tuna ditambah keju, kentang rebus, roti gandum, dan sayuran
  • Menu makan malam: udang dan minyak zaitun, beras merah, kacang panjang rebus

– Menu Hari Ketujuh

  • Menu sarapan : roti gandum dengan madu atau mentega, buah pear atau anggur, segelas teh dengan gula
  • Menu makan siang : ayam bakar, asparagus, yogurt yang rendah lemak
  • Menu makan malam: salad buah, telur rebus, wortel dan buncis

Contoh menu diet mayo di atas bisa Anda ulangi dan modifikasi sesuai selera. Pastikan Anda tetap mengonsumsi sayur dan buah setiap hari. Menu tersebut juga bisa Anda selang-seling untuk sarapan dan makan malam. Tidak harus terpatok pada panduan, setidaknya Anda mendapatkan gambaran singkat mengenai menunya.

Menjadikan diet sebagai langkah menyehatkan badan bisa dilakukan oleh siapa saja. Menyeimbangkannya dengan tetap olahraga ringan seperti jalan santai, jogging, atau bermain badminton sangat bisa diterapkan. Dengan mengonsumsi menu diet mayo juga akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh secara keseluruhan. Di bawah ini penjelasan manfaat diet mayo!

Manfaat Diet Mayo

Adapun manfaat diet mayo adalah sebagai berikut:

Menurunkan Berat Badan

Secara umum, peran diet mayo dalam menurunkan berat badan cukup signifikan. Pasalnya, sebagian besar orang yang menjalankannya bisa menurunkan berat antar 2 sampai 5 kilo pada 2 minggu pertama. Jika pola dilanjutkan, tubuh akan mulai terbiasa dan bersambung turun antar 1 sampai 1,5 kilo pada 2 minggu selanjutnya.

Diet mayo bisa Anda jadikan gaya hidup yang baru untuk lebih sehat. Tak akan ada efek buruk jika diteruskan hingga seumur hidup Anda. Konsisten dan sabar menjadi kunci utamanya. Sesekali “cheating day” tidak akan berpengaruh besar pada sistem tubuh yang telah Anda program sejak pertama kali melakukannya.

Menurunkan Kolesterol

Tingkat kadar kolesterol yang tinggi menjadi salah satu alasan seseorang malas bergerak untuk berolahraga. Anda bisa menguranginya dengan mencoba pola menu diet mayo sebagai teknik makan harian. Fokus diet mayo yang mengharuskan seseorang mengurangi garam akan sangat memberikan efek pada tubuh penderita kolesterol yang tinggi.

Mencegah Diabetes

Diabetes juga menjadi penyakit yang dikhawatirkan sebagian orang. Gula memang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi bila berlebihan maka tubuh akan mendeteksinya sebagai salah satu zat asing berbahaya. Dampaknya, gula akan menumpuk kemudian menjadi penyebab penyakit diabetes.

Anda bisa mencegahnya dengan membatasi asupan gula seperti anjuran dari pola sehat menu diet mayo. Memanfaatkan madu sebagai salah satu pengganti gula juga bisa dilakukan. Manis alami dari buah juga tetap akan menjaga terpenuhinya kebutuhan asupan gula untuk tubuh Anda.

Mencegah Hipertensi

Hipertensi terjadi ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi kandungan garam dalam makanan. Tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit paling umum menyerang usia lanjut. Meski dalam usia senja, Anda tak perlu khawatir menerapkan diet mayo. Justru kandungan nutrisi yang tertata dan terpenuhi secara optimal, akan membuat tubuh bugar. Masa tua bukan menjadi halangan untuk tetap sehat dan aktif.

Saat Anda memaksimalkan anjuran menu diet mayo di atas, maka bersiaplah mendapatkan tubuh baru yang sehat. Kunci kesuksesan sebuah diet adalah niat awal Anda untuk memperbaiki pola makan. Meski tidak semua orang bisa cocok dengan pola diet satu ini, tetapi Anda tak perlu khawatir mencobanya. Diet ini tergolong aman dan tidak berisiko. Anda tetap bisa kenyang dan mengonsumsi makanan enak saat mencoba menerapkan diet ini.

About admin

Check Also

diet penderita kanker

Jalani Diet Penderita Kanker? Perhatikan 11 Hal Ini!

Diet Sehat – Diet penderita kanker menjadi pilihan yang tepat apalagi sebagai upaya penyembuhan penyakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *