10 Rekomendasi Menu Makan Malam Diet yang Sehat dan Ampuh

DietSehat – Menu makan malam diet pastinya sangat dibutuhkan oleh Anda yang sedang menjalani program diet. Hal ini tentu saja bertujuan untuk membuat proses diet tersebut berjalan maksimal dan juga optimal. Salah satu kunci diet yang sukses adalah asupan makanan yang baik. Oleh karena itu, makanan yang Anda konsumsi saat diet haruslah memiliki kandungan gizi yang seimbang.

Sekarang ini, menu makanan untuk diet bisa bervariasi sehingga tidak membuat Anda merasa cepat bosan. Bahkan menu makan malam diet bisa berbeda dengan menu makan saat pagi dan juga siang hari. Anda pun dapat memasaknya sendiri di rumah agar lebih sehat dan terjaga kebersihannya. Memang, baik sekali kalau Anda memasak menu makanan diet sendiri, sehingga nutrisi diet seimbang.

menu makan malam diet

Inilah Rekomendasi Menu Makan Malam Diet yang Sehat dan Ampuh

Saat Anda ingin memasak dan mengonsumsi menu makan diet, Anda harus memastikan bahwa makanan tersebut mengandung nutrisi. Nutrisi tersebut bisa berupa karbohidrat, lemak baik, dan mikronutrien. Berikut ini merupakan menu-menu makanan yang bisa Anda konsumsi saat melakukan program diet:

Daging Panggang

Menu makan malam diet yang pertama adalah daging panggang. Mengapa daging panggang? Karena selain rasanya yang lezat, menu makanan ini memiliki kandungan protein yang melimpah, tetapi rendah lemak. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat memilih bagian daging yang rendah lemak. Ciri-cirinya adalah memiliki serat putih yang sedikit pada daging karena serat putih tersebut adalah lemak tidak sehat. Jika dirasa hambar, Anda dapat menambahkan brokoli dan jamur saat mengonsumsinya.

Sup Ayam

Selanjutnya, menu makan diet yang bisa Anda konsumsi untuk menyukseskan program diet yang sedang dijalani adalah sup ayam. Sup ayam bisa menjadi pilihan karena kuahnya yang hangat sangat cocok dikonsumsi saat malam hari. Anda dapat membuat sup bening dengan rasa lada dan pala, kemudian tambahkan bagian dada tanpa kulit ayam. Untuk sup ayam yang lebih nikmat, Anda dapat menambahkan kubis, wortel, atau buncis.

Salad Buah dan Salad Sayur

Menu makan malam diet yang lainnya adalah salad buah dan juga salad sayur. Buah dan sayuran yang bisa dijadikan salad adalah sayuran hijau, alpukat, wortel, dan telur rebus. Anda dapat menambahkan kacang-kacangan agar salad tersebut memiliki kandungan protein yang banyak. Selain lezat, salad buah dan sayur ini sangat praktis untuk dibuat sehingga asupan makan malam dapat cepat tersaji.

Savory Oatmeal

Savory oatmeal juga bisa menjadi alternatif dari menu makan malam diet. Hal ini tentu saja karena oatmeal memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Untuk memasaknya, Anda hanya perlu menyiapkan:

  • 4 sdm oatmeal
  • ΒΌ sdt garam
  • 300 ml air kaldu ayam

Untuk toppingnya, Anda dapat menyiapkan:

  • Brokoli rebus
  • Wortel rebus
  • Telur rebus
  • Ayam rebus suwir

Untuk memasak menu makan malam diet yang satu ini pun terbilang mudah, yaitu:

  • Masak oatmeal dengan air kaldu hingga terbentuk seperti bubur.
  • Kemudian, tuanglah oatmeal tersebut ke dalam mangkuk dan berikan topping di atasnya.

Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Menu makan diet yang lainnya adalah biji-bijian dan kacang-kacangan. Hal ini berhubungan erat dengan tubuh kita yang membutuhkan asupan karbohidrat yang berperan sebagai sumber energi primer. Meskipun dalam proses diet asupan karbohidrat harus dibatasi, tetapi mengonsumsi kacang-kacangan atau biji-bijian diperbolehkan. Namun, tetaplah mengonsumsinya dalam kadar yang normal.

Tahu dan Tempe

Mengonsumsi tahu dan tempe juga termasuk ke dalam tips makan malam saat diet. Seperti yang diketahui bahwa tahu dan tempe ini merupakan produk kedelai yang sangat cocok untuk dijadikan menu makanan saat diet. Selain rasanya yang juga nikmat, tempe dan tahu ini memiliki kandungan protein yang melimpah.

Dengan mengonsumsi tahu dan tempe sebagai menu makan malam diet, Anda akan merasa cepat kenyang lebih lama. Sehingga Anda tidak akan merasa cepat lapar dan tidak membutuhkan banyak karbohidrat. Tidak hanya itu, tahu dan tempe ini memiliki harga yang paling murah sehingga dapat dijangkau oleh semua orang.

Capcay

Menu makan malam diet yang termasuk ke dalam menu chinese food ini sudah banyak dijumpai di Indonesia. Capcay ini dapat dinikmati dengan atau tanpa kuah. Bahkan capcay yang disajikan dalam keadaan hangat akan lebih lezat. Kombinasikan capcay ini dengan sayuran yang lainnya agar lebih sehat saat dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet.

Dark Chocolate

Cokelat hitam juga termasuk ke dalam menu diet sehat yang bisa Anda lakukan. Dengan mengonsumsi cokelat hitam, Anda dapat mengemil tanpa takut gendut. Namun, ingatlah untuk memilih cokelat hitam yang di dalamnya tidak mengandung gula. Anda juga dapat terhindar dari rasa stres jika mengonsumsi cokelat hitam. Konsumsilah cokelat hitam ini dalam kadar yang tidak berlebihan agar tetap menyehatkan.

Sarden, Makarel, dan Ikan Salmon

Menu makan malam diet yang bisa dikonsumsi selanjutnya adalah sarden, makarel, dan ikan salmon. Produk ikan laut ini tentunya mengandung omega-3 yang sangat berperan penting dalam kesehatan jantung. Anda dianjurkan untuk tidak menggorengnya, tetapi untuk dibuat sup atau bisa juga dipanggang. Hal ini dilakukan untuk menjaga kandungan gizi yang ada di dalamnya. Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsinya sebanyak dua kali dalam seminggu untuk proses diet yang maksimal.

Sandwich Jamur

Sandwich jamur juga bisa Anda konsumsi dalam mencari menu makan malam diet agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk membuatnya, Anda cukup menyiapkan:

  • Roti gandum
  • Jagung manis yang diserut
  • Jamur yang sudah direbus
  • Telur ayam kampung
  • Tomat
  • Bayam
  • Bawang bombay
  • Garam himalaya
  • Lada
  • Kaldu jamur
  • Bumbu pecel

Lalu, untuk cara memasaknya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, orak-arik telur kemudian masukkan himsalt, dan sisihkan.
  • Kedua, cincanglah bawang bombay dan tumis memakai minyak kelapa. Masukkanlah himsalt, lada, kaldu jamur, sedikit air, jamur, jagung, dan daun bawang ke dalamnya.
  • Ketiga, potonglah tomat.
  • Langkah terakhir, tatalah sandwich tersebut di atas piring saji sesuai dengan selera Anda.

Dalam sandwich ini terdapat beragam sayuran yang tentu saja baik bagi kesehatan. Sehingga jenis makanan ini termasuk ke dalam menu makan malam diet yang direkomendasikan untuk Anda. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah sehingga tidak memerlukan biaya yang lebih untuk bisa mengonsumsi sandwich jamur yang satu ini.

Itulah beberapa rekomendasi menu makan malam diet yang sehat dan ampuh dan bisa Anda praktikkan di rumah. Diet yang baik dan optimal akan didapatkan saat Anda mengontrol asupan makanan dan melakukan olahraga yang teratur. Pola makan, istirahat, dan pikiran pun tentunya penting sekali untuk diperhatikan. Oleh karena itu, selain memperhatikan asupan makanan, Anda juga dianjurkan untuk selalu berolahraga dan menghindari hal-hal yang menimbulkan stres di dalam pikiran.

Originally posted 2020-11-09 13:35:55.

About admin

Check Also

diet penderita kanker

Jalani Diet Penderita Kanker? Perhatikan 11 Hal Ini!

Diet Sehat – Diet penderita kanker menjadi pilihan yang tepat apalagi sebagai upaya penyembuhan penyakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *