7 Aturan Utama Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Akurat

Diet Sehat – Menurunkan berat badan dengan cepat bukan lagi menjadi sesuatu hal yang tabu, terutama bagi seorang wanita. Hal ini tentu sangat wajar, karena wanita lebih peduli dengan penampilan dan berat badan. Bukan tanpa alasan, selain karena penampilan, berat badan juga cukup memengaruhi kesehatan.

Sayang, keinginan tersebut lebih sering dimanfaatkan sebagai pembenaran untuk melakukan diet ketat tanpa mempertimbangkan kesehatan. Langkah ini tentu sangat berisiko, terutama bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Selain itu, perubahan secara drastis justru akan memicu komplikasi. Lantas, bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat yang benar?

menurunkan berat badan dengan cepatInilah Aturan Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Sebelum menjalani metode yang diinginkan, ada baiknya memahami makna diet terlebih dahulu. Pasalnya, masih saja ada yang berpikir bahwa diet berarti membatasi atau bahkan membuang asupan makanan semaksimal mungkin. Hal ini tentu kurang tepat dan cukup berisiko jika diterapkan.

Satu hal yang harus dipahami dan disadari, yaitu diet bukan sekadar menurunkan berat badan dengan cepat. Arti diet yang sesungguhnya jauh lebih dalam dari itu, karena menyangkut tentang gaya hidup yang diterapkan dalam keseharian. Berikut adalah beberapa aturan yang harus diperhatikan saat sedang berdiet:

1. Sarapan Pagi

Sarapan pagi adalah aturan wajib yang tidak boleh terlewatkan, karena asupan makanan yang didapatkan akan dibakar menjadi energi sebagi bekal untuk beraktivitas. Jika sarapan pagi tidak dilakukan, maka tubuh akan kehilangan sumber tenaga. Akibatnya, ia akan merasa sangat lapar, sehingga berisiko makan berlebih saat jam makan siang.

Menurut saran para pakar kesehatan, sarapan dapat dilakukan paling tidak 1 jam setelah bangun tidur. Berdasarkan hasil penelitian, orang yang rutin melakukan sarapan dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Langkah ini juga bertujuan untuk menggantikan nutrisi yang hilang saat berpuasa (tidur).

Tidak harus dalam jumlah banyak, sarapan dapat dilakukan dengan porsi kecil asalkan memenuhi gizi yang diperlukan. Telur, oatmeal, buah-buahan, yogurt atau kacang dapat menjadi alternatif pilihan. Usahakan untuk menghindari sereal, selai cokelat, ataupun makanan yang tinggi gula dan lemak. Sebab, daftar makanan tersebut dapat mengacaukan program menurunkan berat badan dengan cepat.

2. Makan Siang

Pada dasarnya, diet sehat tidak memberikan aturan khusus mengenai makan siang. Kabar baiknya, pelaku diet boleh menyantap makanan yang disukai. Meski demikian, tetap harus memerhatikan porsi dan jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh. Seimbangkan antara jumlah karbohidrat dan protein, agar tubuh tidak kelebihan energi dan menumpuk menjadi lemak.  

Maksimal porsi yaitu 25% dari total kebutuhan harian tubuh, sementara jam makan yang dianjurkan, yaitu antara jam 12-15 siang. Semakin awal dilakukan, maka akan semakin bagus karena tubuh memiliki waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan. Jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat, maka hal ini harus benar-benar diperhatikan.

3. Makan Malam

Makan malam sering dituduh oleh beberapa pelaku diet sebagai penyebab kenaikan berat badan. Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, tetapi ada beberapa poin yang harus dikoreksi. Salah satunya hukum makan malam adalah wajib bagi siapa pun, termasuk orang yang sedang berdiet. Hanya jamnya saja yang lebih baik dimajukan, yaitu sebelum jam 7 malam.

Oleh karena itu, meski sedang berusaha untuk menurunkan berat badan dengan sangat cepat, makan malam tidak boleh terlewatkan. Sebab, selama tidur tubuh akan berpuasa, sehingga memerlukan kecukupan nutrisi. Selain itu, nutrisi juga diperlukan tubuh untuk melancarkan proses regenerasi sel. Pastikan mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan boleh memangkas sedikit karbo.

4. Asupan Cairan

Selain dalam hal makanan, kebutuhan akan cairan juga sangat penting dalam usaha menurunkan berat badan dengan cepat. Sebab, hampir 70 persen dari tubuh manusia terdiri dari air. Usahakan jangan sampai kekurangan cairan, karena dapat mengacaukan keseimbangan metabolisme tubuh. Baca juga 8 Cara Diet Alami Tanpa Makan Nasi, Aman Dilakukan!

Selain itu, rasa haus yang timbul sering dianggap sebagai rasa lapar, sehingga otak menyampaikan pesan untuk makan. Jika belum waktunya jam makan, maka pastikan terlebih dahulu rasa tersebut memang rasa lapar atau sekadar haus saja. Hal ini perlu dilakukan agar tidak tergoda untuk makan banyak dan sembarangan.

5. Camilan

Ada yang menghapus camilan dari daftar cara menurunkan berat badan dengan cepat? Keputusan ini sangat disayangkan, karena camilan juga dapat mendukung program diet yang diterapkan. Ada kalanya, tubuh beraktivitas lebih berat dari perkiraan, sehingga perut merasa lapar di sela-sela jam makan. Di sinilah keberadaan camilan sangat diperlukan, yaitu mencegah makan berlebih.

Sebab, camilan dipercaya mampu menunda rasa lapar, sehingga saat jam makan tiba. Meski demikian, pilihlah camilan yang sehat dan bergizi tinggi, seperti kacang-kacangan, buah, roti gandum, dan lain-lain. Hindari makanan yang mengandung banyak gula, garam, ataupun minyak, seperti jus, keripik, atau bahkan gorengan.

6. Tidur Cukup

Ada satu fakta menarik mengenai berat badan, yaitu kurang tidur juga dapat memicu kenaikan yang cukup signifikan. Kenapa demikian? Ternyata saat manusia kurang tidur, kinerja otak akan mengacaukan keseimbangan hormon ghrelin dan leptin. Kedua hormon ini bertanggung jawab untuk memberikan sinyal lapar atau kenyang kepada otak.

Dampaknya tentu tidak cukup baik bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Oleh karena itu, jangan suka begadang atau tidur terlalu larut. Jangan terlalu pelit kepada diri sendiri, belilah tempat tidur yang nyaman dan dapat mendukung kualitas tidur. Tak hanya berat badan yang akan turun, tetapi kinerja otak pun akan lebih maksimal.

7. Olahraga

Tak memiliki waktu luang untuk berolahraga di luar rumah atau ke tempat gym? Olahraga untuk menurunkan berat badan dengan cepat dapat dilakukan di mana saja, yaitu dengan memperbanyak langkah atau jalan kaki. Hal ini dapat dilakukan di mana saja, baik di rumah, kantor, halaman, mall, naik turun tangga, dan lain-lain.

Jumlah langkah yang dianjurkan di setiap harinya, yaitu 10ribu langkah atau kurang lebih 100 menit dengan berjalan santai. Jika kesulitan untuk menghitungnya, maka manfaatkan aplikasi penghitung langkah kaki atau yang biasa disebut dengan pedometer. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Playstore. 

Namun, jika cara tersebut kurang greget serta memiliki waktu lebih, maka tidak ada salahnya mencoba olahraga lain. Ada jenis olahraga yang mampu membakar kalori lebih banyak, sehingga dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Beberapa di antaranya, yaitu:

  • Lari : 748 kalori per jam.
  • Bersepeda : 1000 kalori per jam.
  • Zumba : 700 kalori per jam.
  • Yoga : 149 kalori per 30 menit.
  • Berenang : 720 kalori per jam untuk wanita dan 840 kalori per jam untuk pria.
  • Kick Boxing : 864 kalori per jam.
  • Skipping : 750 kalori per jam untuk wanita dan 850 kalori per jam untuk pria.

Demikian 7 langkah mudah untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Konsitensi diri merupakan kunci utama keberhasilan program diet tersebut dan bersabarlah untuk menikmati proses yang ada. Ingat, semakin cepat berat badan turun, maka akan semakin cepat pula ia akan naik.

Originally posted 2020-10-26 14:01:37.

Tinggalkan komentar