Menurunkan Berat Badan dengan Lari Siang, Perhatikan 8 Hal Ini!

DietSehat – Menurunkan berat badan dengan lari siang ternyata lebih efektif dibandingkan jika dilakukan di pagi atau sore hari. Hal ini disebabkan oleh adanya cuaca panas yang membuat tubuh lebih cepat berkeringat. Selain itu, kondisi ini menyebabkan enzim pencernaan bekerja lebih aktif untuk membakar lemak. Inilah yang mengakibatkan berat badan lebih cepat turun.

Cara menurunkan berat badan lari pagi atau sore memang dapat juga dilakukan dan memiliki beberapa keuntungan. Di antaranya adalah udara yang masih segar saat pagi hari. Selain itu juga adanya sinar matahari pagi yang baik bagi kesehatan. Akan tetapi, lari siang lebih efektif dalam hal menurunkan berat badan secara cepat.

menurunkan berat badan dengan lari siang

Manfaat Menurunkan Berat Badan dengan Lari Siang

Lari siang yang dilakukan dapat mendorong percepatan pembakaran lemak dan pengeluaran racun dari dalam tubuh. Melakukannya secara rutin dengan jarak yang cukup dapat memaksimalkan hasil yang didapat. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dalam melakukan olahraga lari siang. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Melatih Otot dan Persendian

Lari siang membuat otot dan persendian menjadi lebih terlatih. Hal ini disebabkan oleh gerakan lari yang dapat mendorong tubuh menyediakan kalsium yang cukup. Dengan demikian, otot menjadi lebih lentur. Persendian juga menjadi lebih terlumasi dengan baik jika membiasakan lari siang. Kebiasaan ini juga akan membuat tubuh menjadi bugar.

2. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan dengan lari siang efektif sebab suhu lingkungan sekitar pada siang hari akan meningkat. Jika saat itu seseorang melakukan lari siang, tingginya suhu ini akan dapat membantu mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh. Akibatnya, tubuh pun akan lebih cepat memecah lemak sebagai cadangan energi. Jika lebih banyak lemak yang dipecah dan digunakan sebagai energi, otomatis berat badan akan lebih cepat turun.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Lari siang siang hari memau jantung bekerja lebih aktif. Hal ini juga mengakibatkan proses metabolisme yang berjalan lebih cepat. Sebagaimana diketahui, metabolisme yang baik akan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Menurunkan berat badan dengan lari siang ini akan lebih maksimal jikalau dipadukan dengan pola makan yang sehat dengan menu diet seimbang.

4. Lebih Sehat Bagi Penderita Asma

Menurunkan berat badan dengan lari siang juga memberikan manfaat bagi penderita asma. Jika melakukan lari pada pagi hari, penderita asma akan terganggu adanya embun. Dengan demikian, lari di siang hari lebih disarankan. Akan tetapi perlu diperhatikan agar tidak terlalu memacu paru-paru bekerja keras. Cukup lakukan lari lambat yang ringan sesuai kemampuan.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Sering kali di siang hari tubuh merasa lemas dan mengantuk. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh rasa jenuh setelah bekerja dalam waktu yang lama. Namun, ternyata selain sebagai cara menurunkan berat badan dengan lari, dapat meningkatkan konsentrasi juga. Hal ini disebabkan karena aliran darah yang membawa oksigen ke otak menjadi lebih cepat.

Aturan Menurunkan Berat Badan dengan Lari Siang

Meskipun memiliki banyak manfaat, lari siang harus dilakukan dengan memperhatikan beberap hal. Jika dilakukan sembarangan, justru akan muncul beberapa efek yang pada akhirnya akan membawa kerugian bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan saat menurunkan berat badan dengan lari siang agar berhasil.

1. Hindari Penggunaan Jaket

Banyak orang menganggap, lari dengan mengenakan jaket, apalagi jaket sauna akan mepercepat penurunan berat badan. Sayangnya, jika dilakukan di siang hari hal ini kurang tepat. Mengenakan jaket saat menurunkan berat badan dengan lari siang justru dapat menyebabkan dehidrasi yang tentunya sangat berbahaya. Sebaiknya kenakan kaus lengan panjang yang ringan saja untuk melindungi kulit.

2. Pilih Rute yang Teduh

Saat melakukan Cara menurunkan berat badan dengan lari siang , yang dibutuhkan adalah suhu panas lingkungan saja. Jadi bukan panas terik mataharinya. Sebaiknya lindungi diri dari sinar matahari yang terik dengan memilih rute lari di area teduh. Hal ini membuat lari lebih menyenangkan dan tubuh tidak mengalami dehidrasi. Area taman kota dapat menjadi pilihan rute lari yang menyenangkan.

3. Gunakan Sun Screen

Sebagaimana diketahui, sinar UV pada matahari membawa dampak yang kurang baik bagi tubuh. Misalnya saja tumbuhnya sel kanker yang dapat menyerang lapisan kulit. Sebaiknya, untuk mencegah pengaruh buruk sinar UV, gunakan sun screen sebagai pelindung saat menurunkan berat badan dengan lari siang. Gunakan produk tabir surya yang ringan agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

4. Ganti Cairan yang Hilang dengan Konsumsi Air Putih

Udara panas dan gerakan yang dilakukan saat menurunkan berat badan dengan lari siang dapat mengakibatkan tubuh kekurangan cairan. Untuk itu pastikan konsumsi air putih yang cukup agar dapat menghidrasi tubuh. Selain mengganti cairan tubuh yang hilang, air putih juga dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh. Sebaiknya hindari minuman manis yang justru akan semakin menimbulkan rasa haus berlebihan.

5. Perhatikan Kecepatan Lari

Cara menurunkan badan dengan lari cepat bisa jadi lebih efektif. Akan tetapi pada kondisi kesehatan tertentu, perlu lari lebih lambat. Misalnya saja pada penderita asma dan obesitas. Lebih baik melakukan sesuai dengan kemampuan tubuh. Untuk pemula, ada baiknya melakukan dengan kecepatan rendah dan jarak pendek dahulu. Nanti jika sudah terbiasa, kecepatan dan jarak dapat ditambah secara bertahap.

Menurunkan Berat Badan dengan Lari Siang yang Dipadukan Diet

Cara diet dengan lari siang memang sebaiknya selalu memadukan antara pola makan dan kebiasaan beolahraga. Hal ini ditujukan agar manfaatnya lebih optimal dan cepat diraih. Pola makan yang baik berfungsi sebagai penyedia nutrisi dengan julah kalori rendah. Adapun olahraga berfungsi membantu membakar lemak menjadi energi. Berikut ini pola makan yang bisa diterapkan.

1. Mengurangi asupan Karbohidrat

Walaupun tidak menghentikan sama sekali ada baiknya mengurangi jumlah konsumsi karbohidrat agar berat badan ideal lebih cepat dapat dicapai. Karbohidrat yang tinggi dapat mengakibatkan munculnya berbagai penyakit. Contohnya adalah diabetes. Kelebihan karbohidrat akan membuat menurunkan berat badan dengan lari siang terasa berat karena mudah lelah.

2. Tetap Mengonsumsi Sarapan

Banyak orang menghindari sarapan dengan tujuan untuk mengurangi berat badan. Sebenarnya sarapan justru perlu dilakukan. Hanya saja perlu memperhatikan jenis makanan dan nutrisinya. Sarapan dengan porsi secukupnya dan memperbanyak protein membuat kenyang lebih lama dan tubuh menjadi siap dalam menghadapi kegiatan sehari-hari. Selain itu, sarapan juga mengurangi keinginan ngemil.

3. Mengurangi Porsi Makan dan Menambah Keseringannya

Selain cara diet dengan lari siang, ada pola makan yang bisa diterapkan untuk mendukungnya. Yaitu dengan makan dalam porsi lebih kecil, tetapi lebih sering. Porsi kecil membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan. Pada pukul 09.00 dan 15.00 isi dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur ataupun camilan rendah kalori.

Itulah tadi cara menurunkan berat badan dengan lari siang yang dikombinasikan menerapkan pola makan sehat. Rutin lari siang akan membuat tubuh lebih bugar, otot terlatih, dan berat badan turun dengan cepat. Hal yang paling penting adalah kurangi karbohidrat agar tubuh tidak cepat merasa lelah saat beraktivitas sepanjang hari.

About admin

Check Also

diet alami cepat dan aman

7 Cara Diet Alami Cepat dan Aman, Simak Disini!

DietSehat – Diet alami cepat dan aman tidak hanya bisa membuat badan memiliki berat yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *