11 Bumbu Dapur yang Ampuh Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Diet Sehat – Siapa sangka jika aneka bumbu yang ada di dapur dapat digunakan untuk menurunkan berat badan secara alami? Jika selama ini berfikir untuk menurunkan berat badan harus ketat membatasi asupan makanan atau mengkonsumsi suplemen pelangsing, cobalah tengok ke dapur.

Menurunkan berat badan secara tradisional sudah dilakukan oleh para pendahulu. Bahan-bahan yang digunakan untuk menurunkan berat badan diambil dari apa yang ada di sekitar. Hal ini tentu saja lebih sehat karena bahan yang digunakan sudah biasa dikonsumsi sebagai bumbu. Meski demikian, perlu diperhatikan takarannya sehingga tidak memberikan efek samping yang dapat membahayakan.

menurunkan berat badan secara alamiInilah Bumbu Dapur untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Ingin menurunkan berat badan tapi enggan melakukan diet ketat? Cobalah untuk mempertimbangkan menggunakan bahan-bahan tradisional yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. 11 jenis bumbu dapur yang mungkin akrab di keseharian banyak wanita ini ternyata ampuh untuk menurunkan berat badan secara alami. Apa saja 11 jenis bumbu itu? Simak ulasan berikut ini.

1. Jahe

Khasiat jahe sebagai salah satu obat tradisional sudah dikenal sejak jaman dulu. Selain sebagai bahan jamu, jahe juga memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. Kandungan panas pada jahe mampu membantu tubuh untuk membakar lemak dan mengurangi nafsu makan. Jahe bagus untuk menurunkan berat badan secara alami.

Cara memanfaatkan jahe sebagai ramuan untuk menurunkan berat badan sangatlah mudah. Cukup siapkan satu rimpang jahe yang diiris tipis kemudian direbus dengan dua gelas air. Rebus hingga air tersisa satu gelas dan biarkan hingga hangat. Minum seduhan jahe yang masih hangat sebelum tidur malam. Lakukan secara rutin hingga mencapai berat badan yang diinginkan.

2. Daun Salam

Daun yang memiliki aroma khas ketika digunakan untuk memasak ini ternyata juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan secara alami dan sehat. Ternyata daun salam tidak hanya mampu mengharumkan masakan, namun juga ampuh untuk meluruhkan lemak-lemak yang ada di dalam tubuh.

Mengkonsumsi rebusan daun salam secara rutin ampuh menurunkan berat badan karena lemak akan terbuang dari tubuh. Rebus 30 lembar daun salam dengan air sebanyak satu panci ukuran sedang. Rebus hingga air tersisa setengahnya. Minumlah rebusan daun salam hangat sebanyak satu gellas setiap selesai makan.

3. Kayu Manis

Menurunkan berat badan secara alami bisa dilakukan dengan mengkonsumsi ramuan serbuk kayu manis secara rutin. Untuk membuat ramuan kayu manis, siapkan setengah sendok teh bubuk kayu manis, satu gelas air hangat, setengah butih lemon dan madu secukupnya. Baca juga Mau Diet Sehat Cepat Kurus? Praktikkan 8 Langkah Ini!

Cara membuatnya sangat mudah. Masukkan bubuk kayu manis dalam segelas air hangat, aduk rata. Setelah serbuk kayu manis tercampur rata dengan air, tambahankan air perasan jeruk nipis. Terakhir masukkan madu sesuai selera dan aduk hingga rata. Minumlah ramuan kayu manis ini satu kali sehari saat perut dalam kondisi kosong. Lakukan secara rutin hingga mencapai berat badan yang diinginkan.

4. Asam Jawa

Asam jawa kaya akan kandungan asam malat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan melancarkan BAB. Kandungan flavanoid pada asam jawa juga mampu untuk mencegah alergi, mencegah penggumpalan darah, mencegah penuaan dini dan sebagai penghasil antioksidan.

Meminum air seduhan asam jawa secara rutin ampuh untuk menurunkan berat badan secara alami. Remas asam jawa kemudian letakkan dalam gelas, tuangi dengan air panas atau dingin. Bisa ditambahkan gula rendah kalori untuk mengurangi rasa asam. Kandungan serat yang cukup tinggi pada asam jawa dapat menekan nafsu makan dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

5. Bawang Putih

Bawang putih ternyata memiliki kandungan anti-obesitas alami yang mampu membantu menurunkan berat badan secara alami. Bagi penggemar bawang putih tentunya tidak masalah untuk mengkonsumsinya secara langsung. Namun jika tidak terlalu menyukai rasa dan aroma bawang putih, maka bawang putih dapat diblender dengan air dan tambahkan madu sesuai selera.

6. Cabai Rawit

Siapa tak kenal cabai yang memberikan sensasi istimewa bagi para penggemarnya ini? Cabai yang merupakan bahan baku sambal ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kandungan capcaisin dalam cabai akan membantu memanaskan tubuh dan memperlancar metabolisme. Blender empat buah cabai rawit dengan segelas air. Tambahkan madu sesuai selera dan ramuan cabai siap diminum.

7. Lada Hitam

Menurunkan berat badan secara drastis sebaiknya dihindari agar tubuh dapat melakukan penyesuaian. Salah satu cara menurunkan berat badan secara perlahan dan bertahap adalah dengan memanfaatkan lada hitam. Cukup siapkan satu sendok lada hitam bubuk dan taburkan pada hidangan yang akan disantap.

Mengkonsumsi lada hitam bubuk secara teratur dapat membantu penurunan berat badan karena adanya kandungan piperine di dalam lada hitam. Piperine memiliki rasa pedas yang akan membantu tubuh untuk menurunkan lemak dan mengurangi kandungan lemak di dalam tubuh.

8. Jintan

Dibandingkan dengan rempah-rempah lainnya yang ada di dapur, pamor  jintan sepertinya menduduki urutan bawah. Hal ini disebabkan karena jintan jarang digunakan dalam masakan sehari-hari. Meski demikian ternyata jintan memiliki khasiat sama besarnya dengan rempah-rempah lain untuk menurunkan berat badan secara alami. Mengkonsumsi jintan secara teratur setiap hari dapat menurunkan berat tubuh secara alami.

9. Klabet atau Fenugreek

Fenugreek atau klabet merupakan rempah yang berasal dari Timur Tengah dan tumbuh subur di Asia Selatan. Klabet ampuh menurunkan berat badan karena kemampuannya untuk menekan nafsu makan. Mengkonsumsi klabet secara teratur tentu saja akan membuat nafsu makan menurun sehingga berat badan juga akan menurun. Mengkonsumsi klabet tidak dapat menurunkan berat badan secara cepat.

10. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang dikenal memiliki banyak manfaat. Selain digunakan sebagai pewarna alami, kunyit juga digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengobati radang, meringankan nyeri haid, dan banyak manfaat lain dari kunyit. Selain itu, kandungan kurkumin dalam kunyit ternyata mampu membakar lemak tubuh dan menurunkan berat badan secara alami jika dikonsumsi secara rutin.

11. Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni ternyata memiliki kandungan zat MFCA yang dapat membantu menurunkan berat badan secara alami. Mengkonsumsi satu sendok makan minyak kelapa murni sebanyak dua hingga tiga kali per hari efektif untuk menurunkan berat badan. Minyak kelapa murni juga dapat dikonsumsi sebagai campuran salad.  

Mengkonsumsi aneka rempah sebagai upaya untuk menurunkan berat badan secara alami sebaiknya tetap diimbangi dengan pola makan dan gaya hidup sehat. Makan makanan bergizi seimbang dan mengurangi asupan karbohidrat serta kalori akan membuat program penurunan berat badan semakin efektif. Konsumsi gula berlebih juga harus dihindari akan tidak terjadi penumpukan kalori yang semakin banyak.

Bahan-bahan pelangsing alami yang dengan mudah didapatkan di dapur ini tidak bisa serta merta menurunkan berat badan secara signifikan. Bahan-bahan alami akan bekerja lebih lambat dibandingkan dengan obat-obatan pelangsing yang beredar di pasar. Diperlukan komitmen dan konsistensi untuk menurunkan berat badan secara alami. Semoga ulasan ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar