9 Tips Asik Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet, Mudah Kok!

Diet Sehat – Menurunkan berat badan tanpa diet tentu ingin dilakukan oleh orang-orang yang memiliki permasalahan berat badan. Terlebih oleh mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk terlalu fokus memikirkan menu diet. Selain orang yang akan sangat terbantu dengan tips langsing sekejap adalah orang-orang yang memiliki masalah nafsu makan yang berlebih. Cenderung cepat lapar dan tidak tahan dengan menu diet.

Padahal sesungguhnya menurunkan berat badan tanpa diet dapat dilakukan dengan cukup mudah. Cukup ganti makanan yang biasa dimakan dengan bahan makanan yang lebih ramah di tubuh. Artinya jenis makanan bisa jadi sama namun lakukan sedikit penyesuaian agar lemak jahat tidak menumpuk dan membuat berat badan meningkat tak terkendali. Nah inilah bahan makanan yang perlu perlu menjadi perhatian:

menurunkan berat badan tanpa diet

Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Beberapa bahan makanan seringkali menjadi penyebab meningkatnya berat badan. Namun dengan treatment yang tepat, sebagian bahan makanan tersebut dapat tetap dikonsumsi namun dengan porsi yang lebih sedikit. Yuk, perhatikan tips agar berat badan dapat turun sesuai dengan yang diharapkan.

1. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih merupakan tips andalan menurunkan berat badan tanpa diet. Ya minum air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang baik dapat membuat kinerja organ-organ tubuh berjalan dengan seharusnya. Proses detoks atau pengeluaran racun tubuh terjadi dengan optimal. Sehingga penumpukan lemak dapat diminimalisir.

2. Kurangi Karbohidrat

Cara berikut menurunkan berat badan tanpa diet dalam sekejap adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat. Nasi putih adalah salah satu karbohidrat yang sebaiknya dikurangi. Sangat tidak dianjurkan dihilangkan namun dapat diganti agar kebutuhan tubuh akan tenaga yang dihasilkan dari karbohidrat dapat tetap terpenuhi. Gantilah nasi putih dengan karbohidrat komplek seperti ubi, kentang, singkong.

3. Makan Banyak Buah

Buah-buahan mengandung glukosa alami yang dapat membuat rasa kenyang. Untuk mendapatkan rasa kenyang lebih cepat maka sebelum makan menu utama, sebaiknya konsumsi dulu buah-buahan. Barulah masuk ke menu utama. Namun saat ini masih banyak orang yang salah kaprah, buah-buahan justru dimakan setelah menu utama.

Padahal dengan melakukan hal tersebut, maka proses penguraian makanan dalam lambung akan menjadi lebih lama. Buah-buahan terurai lebih cepat dari karbohidrat dan makanan lainnya. Oleh sebab itu, jika mengkonsumsi buah setelah menu utama maka penguraian buah-buahan lebih lama. Hal itu akan mengganggu metabolisme tubuh.

4. Makan Banyak Sayur

Mau menurunkan berat badan tanpa diet dengan mudah maka jangan malas makan sayur. Sayur seperti halnya buah-buahan dapat menyebabkan rasa kenyang lebih lama, maka kandungan serat dalam sayur juga demikian. Rasa kenyang yang lebih lama tentu sangat baik dalam rangka penurunan berat badan. Makan utama dapat berkurang intensitasnya bila rasa lapar juga tidak terlalu sering menyerang.

5. Perbanyak Bergerak

Untuk menurunkan berat badan tanpa diet ketat maka usahakan agar dalam kegiatan sehari-hari melakukan gerak lebih banyak. Pergerakan yang lebih banyak akan membakar lemak dalam tubuh. Efek baiknya bila lemak berlebih terbakar maka berat badan akan turun. Sebisa mungkin sempatkan waktu untuk bergerak. Bila dalam beraktifitas. Baca juga 7 Aturan Utama Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Akurat.

6. Protein

Satu lagi yang dapat membuat perut terasa lebih cepat kenyang dan bahkan bisa menahannya dalam jangka waktu yang lebih lama adalah protein. Pilihlah makanan yang mengandung protein yang tinggi. Seperti susu, keju, dan produk turunannya. Juga kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang tanah, dan lain. Juga telur, dan daging rendah lemak seperti daging ikan.

7. Sarapan

Sebagian besar orang mungkin tidak menyadari salah satu cara menurunkan berat badan tanpa diet adalah dengan tidak meninggalkan sarapan. Sarapan yang dilakukan membuat tubuh lebih bertenaga. Selain itu dengan rasa kenyang yang dirasakan maka seseorang tidak akan mengkonsumsi camilan-camilan demi menghilangkan lapar. Camilan seperti ini justru membuat berat badan bertambah.

8. Kunyah Makanan Sampai Halus

Mengurangi berat badan tanpa diet dengan mudah bisa dilakukan dengan mengunyah makanan sampai lembut. Dengan mengunyah makanan sampai lembut, yang akan terjadi dalam tubuh adalah rasa kenyang akan lebih cepat terasa. Dengan demikian, porsi makan berikutnya dapat ditekan. Efek selanjutnya tentu saja akan baik dalam pengurangan bobot tubuh. Sabar dalam mengunyah maka kesehatan mengikuti.

9. Kurangi Minuman Instan Atau Bersoda

Siapa yang sering jajan ketika berada di luar rumah. Saat merasakan dahaga dan ketika itu tidak membawa bekal minum dari rumah. Banyak juga orang yang memilih untuk melepas dahaga mereka dengan mengkonsumsi minuman kemasan. Minuman bersoda pun menjadi pilihan yang cukup populer.

Namun tahukah bahwa proses menurunkan berat badan tanpa diet akan sangat sulit terlaksana bila memiliki kebiasaan di atas. Mengapa demikian? Minuman kemasan maupun minuman bersoda sangat banyak kandungan gulanya. Kandungan gula buatan tersebut bahkan berkali lipat dari yang seharusnya.

Bayangkan saja bila tubuh sering dicekoki dengan gula buatan yang sangat banyak. Selain beresiko diabetes, jantung, dan tersumbatnya pembuluh darah. Kandungan gula yang berlebih dalam tubuh juga sangat mudah membuat bobot tubuh menjadi semakin berat. Lingkar pinggang juga lebih besar dari ukuran normal. Tak ada yang menginginkan bobot berlebih atau obesitas kan?

Tentu tidak ada yang menginginkan hal itu. Makanya usahakan untuk tidak terlalu bergantung dengan minuman kemasan. Memang rasa dahaga rasanya sangat mudah hilang bila minum-minuman kemasan. Namun rasa dahaga yang mudah hilang tersebut hanya hilang sesaat. Sedangkan efek kedepannya sangat tidak baik dalam proses menurunkan berat badan tanpa diet.

Tips mudah menurunkan berat badan tanpa diet di atas sebaiknya segera dilakukan. Ya tentu saja bila ingin segera menurunkan berat badan. Tak perlu terlalu banyak berpikir dan merasa berat di awal ya. Tanamkan dalam diri bahwa keberhasilan ada di depan mata.

Dengan turunnya bobot tubuh sekaligus dapat mengurangi resiko penyakit lainnya. Sebagaimana telah diketahui bahwa saat ini banyak kalangan muda terserang stroke. Ya salah satunya disebabkan oleh obesitas. Obesitas memang membuat banyak komplikasi dalam tubuh. Sumbatan-sumbatan dapat terjadi karena gumpalan lemak yang menghalangi aliran darah.

Aliran darah yang terhalang gumpalan-gumpalan lemak akan menghambat oksigen mengalir dalam darah. Dengan demikian, resiko tersekan penyakit jantung koroner dan penyakit berbahaya lainnya meningkat. Jadi tunggu apa lagi, mulai sekarang lakukan hal-hal di atas demi kesehatan di masa mendatang.

Nah sekarang sudah tahu kan cara menurunkan berat badan tanpa diet dalam sekejap. Bagaimana apakah terasa sulit menerapkannya? Semoga tidak ya. Walaupun terasa berat di awal, tidak apa-apa. Lakukan yang termudah yang dapat dilakukan saat ini. Selebihnya silahkan lakukan secara bertahap. Pastikan terus menambah intensitas atau kedisiplinan dalam proses penurunan bobot tubuh.

Tidak perlu terlalu khawatir dan berpikir bahwa usaha menurunkan berat badan tanpa diet yang dilakukan akan gagal. Sedikit demi sedikit berproses akan jauh lebih baik dibandingkan berpikir bahwa tidak akan mendapatkan hasil maksimal. Sesungguhnya usaha yang dilakukan dengan tulus dengan penuh kesadaran akan kesehatan tubuh, niscaya hasilnya di luar dugaan.

Originally posted 2020-10-27 13:07:51.

Tinggalkan komentar