Ikuti Yuk 10 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga!

Diet Sehat – Siapa bilang menurunkan berat badan tanpa olahraga itu sulit? Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan selain olahraga. Salah satunya dengan menjaga pola hidup sehat. Pola hidup sehat terdiri dari pola makan, pola pikir, dan pola aktivitas. Semakin sehat menjaga ketiga pola tersebut, maka tidak perlu olahraga untuk mencapai berat badan ideal.

Sehat memang bukan bearrti kurus. Tapi tubuh yang sehat cenderung mencapai berat badan ideal. Umumnya, ketika berat badan lebih tinggi dari ideal, maka terjadi penumpukan lemak yang tidak berguna di dalam tubuh. Jika dibiarkan, lemak tersebut bisa menjadi penyebab penyakit. Untuk itu, sehat harus menjadi tujuan utama dalam diet, berbonus berat badan turun.

menurunkan berat badan tanpa olahraga

Pentingnya Pola Hidup Sehat

Menjaga pola hidup sehat adalah kunci untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga secara rutin. Karena pola hidup yang sehat mampu menyeimbangkan asupan nutrisi masuk dan energi yang dibutuhkan tubuh. Dengan siklus masuk dan keluar yang seimbang, tubuh tidak perlu menumpuk zat-zat yang tidak berguna sehingga menaikkan berat badan.

Pola hidup sehat yang pertama adalah pola makan yang sehat. Orang dewasa cukup makan makanan berkabohidrat tinggi beserta lauk dua kali sehari. Diantara dua waktu makan tersebut, dapat diselingi dengan makan buah atau makanan tinggi serat seperti oat. DemiĀ  menurunkan berat badan tanpa olahraga, cara ini harus dicoba.

Kedua, pola pikir yang baik membuat tubuh tidak mudah stres. Ketika stres, tubuh cenderung memberi alarm pada rasa lapar. Sebagian orang semakin bersemangat makan ketika stres. Sebagian yang lain, justru tidak berminat dengan makanan saat stres. Keduanya dapat berakibat fatal pada tubuh. Oleh karena itu, penting menjaga pola pkir agar selalu sehat.

Ketiga, menurunkan berat badan tanpa olahraga dapat dilakukan dengan menjaga pola aktivitas. Semakin energik seseorang, banyak aktivitas, maka tidak perlu lagi olahraga rutin untuk menurunkan berat badan. Aktivitasnya yang banyak bergerak secara otomatis membuat tubuh bekerja keras menyediakan energi. Hal ini akan mengurangi risiko penumpukan lemak.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Bukan tidak mungkin turunkan berat badan tanpa olahraga. Selama ketiga pola di atas dilaksanakan dan dijaga dengan baik, tubuh akan dengan mudah menyesuaikan diri untuk memiliki berat badan ideal. Namun ada juga orang yang memiliki keturunan gen mudah gemuk. Meskipun sudah sedikit makan, tetap sulit baginya menurunkan berat badan. Berikut caranya:

1. Pelankan Kunyahan

Mengunyah dengan pelan membuat makanan terasimilasi dengan baik. Ini akan membantu lambung mencerna makanan dengan lebih baik. Dengan demikian, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak sebanyak ketika mengunyah dengan cepat. Perut lebih cepat merasa kenyang dengan makanan yang dikunyah lembut.

2. Kurangi Porsi Dengan Piring Kecil

Piring kecil adalah sugesti pada diri bahwa makanan yang masuk terkesan banyak. Jika ingin menurunkan berat badan tanpa olahraga dan diet, cara ini wajib dicoba. Selain efektif karena mata menganggap makanan tetap banyak saat piring tampak penuh, juga membuat perut cepat kenyang.

3. Perbanyak Konsumsi Protein

Baik protein hewani mapun protein nabati, jelas dapat menurunkan berat badan tanpa olahraga secara alami. Jadi, perbanyak makan kacang-kacangan dan daging itu baik. Karena protein dapat mengganti sel tubuh yang mati, dan menjadi makanan otak. Sehingga kemampuan berpikir bisa meningkat setelah banyak mengonsumsi protein.

4. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat yang telalu banyak dikonsumsi adalah musuh besar dalam program menurunkan berat badan tanpa olahraga. Karena karbohidrat setelah dikonsumsi berubah menjadi glukosa dan energi. Jika energi yang disalurkan lebih sedikit dari produksi dari karbohidrat yang dimakan, maka selamat, berat badan ideal hanyalah mimpi.

5. Tingkatkan Makan Makanan Mengandung Serat

Serat banyak terkandung dalam rumput laut, agar, sayur dan buah. Serat berfungsi membantu melancarkan proses pencernaan. Selain itu, serat dapat mencegah sembelit, radang usus dan gangguan pencernaan lain. Serat juga membuat perut merasa kenyang lebih lama. Karena itulah, memperbanyak konsumsi serat dapat membabntu program diet berjalan lancar.

6. Tingkatkan Porsi Minum Air Putih

Sebanyak 75% unsur dalam tubuh disusun oleh air. Hanya sisanya yang 25% berupa zat padat. Untuk itu, kebutuhan air harian harus dicukupi agar metabolisme tubuh berjalan lancar. Ketika Anda ingin menurunkan berat badan tanpa olahraga, asupan air dalam tubuh tidak boleh kurang dari 1500ml per hari. Coba hitung kembali, sudah munum berapa ml hari ini?

7. Hindari Ngemil

Salah satu musuh terbesar dalam usaha menurunkan berat badan tanpa olahraga adalah cemilan. Ketika tampak cemilan enak di depan mata, tangan sungguh tergoda untuk memasukkannya ke dalam mulut. Maka sebaiknya letakkan cemilan jauh dari pandangan dan jangkauan tangan. Agar tidak tergoda untuk ngemil, bisa juga untuk tidak menyediakan cemilan di rumah dan tempat kerja.

8. Jaga Pola Tidur dan Kelola Stres

Pola tidur yang buruk memicu perut merasa lapar dan ingin makan lebih banyak. Apalagi jika sering begadang, tubuh tidak dapat beristirahat di waktu yang seharusnya. Atau sering mengalami insomnia sehingga kurang tidur, juga bisa memicu obesitas. Cukupkan porsi tidur jika ingin menurunkan berat badan tanpa olahraga.

9. Perbanyak Aktivitas

Memperbanyak aktivitas berarti membuat tubuh aktif bergerak. Secara otomatis, tanpa berolahraga pun tubuh mengalami banyak gerakan yang menguras energi. Selain membuat pola pikir terus aktif, gerakan juga memicu sistem pencernaan dan pernapasan bekerja dengan lebih baik. Maka, semakin banyak bergerak dan aktif, semakin baik untuk tubuh.

Namun demikian, sebaiknya tetap perhatikan porsi istirahat untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga. Terlalu banyak bergerak tanpa istrahat dapat memicu kelelahan yang juga bisa berakibat fatal. Maka, cara terbaik untuk hidup adalah menjadikan semua kegiatan dikerjakan secara seimbang.

10. Amankan Dompet dan E Wallet

Mengamankan dompet dan e-wallet tidak hanya penting demi kesuksesan program diet. Karena dompet dan e-wallet bisa jadi sumber kekalapan mata, otak dan perut sekaligus. Maka tindakan ini penting untuk menyelamatkan anggaran dan kebutuhan. Sekaligus untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Biasanya, keberadaan dompet dengan isi penuh dan e-wallet atau mobile banking dengan saldo menumpuk membuat mata lapar. Melihat makanan di aplikasi pesan cepat, tergoda. Melihat baju menarik di marketplace, ingin beli. Apalagi jika suasana mendukung. Misalnya melihat es krim saat siang hari yang begitu terik. Otomatis ingin beli.

Untuk itu, amankan dompet dan e-wallet dengan mengatur anggaran secukupnya. Baik untuk jajan, makan, jalan-jalan, juga belanja. Pisahkan alokasi dana khusus untuk kepentingan darurat dan kesehatan. Sehingga ketika membutuhkan, tidak menyesal karena kelihaian jemari untuk memenuhi keranjang belanja di layar gawai.

Dari sepuluh cara menurunkan berat badan tanpa olahraga di atas, berapa poin yang bisa Anda lakukan mulai sekarang? Jangan ada kata terlambat untuk memutuskan menjaga berat badan tetap ideal. Karena tubuh yang sehat berawal dari jiwa dan pikiran yang sehat. Ingat, menjadi kurus tidak selalu berarti baik, kecuali tubuh tetap sehat baik secara fisik, pikir, dan rasa.

Originally posted 2020-10-24 14:15:43.

Tinggalkan komentar