13 Makanan yang Ampuh Menurunkan Berat Badan, Ketahui Yuk!

Diet Sehat – Menurunkan berat badan adalah salah satu topik yang tidak pernah basi untuk dibahas. Berat badan berlebih selain dapat mengganggu penampilan juga akan sangat rentan mengalami beberapa masalah kesehatan. Penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, batu empedu dan sleep apnea merupakan beberapa jenis penyakit yang mudah menyerang orang dengan berat badan berlebih.

Banyak cara untuk menurunkan berat tubuh, mulai cara alami hingga yang terbilang ekstrim atau menggunakan suplemen penurun berat badan. Orang rela melakukan berbagai hal demi mendapatkan berat badan ideal. Berat ideal seringkali disamakan dengan bentuk badan ideal meski sebenarnya dua hal tersebut berbeda. Untuk itu mari jaga agar tetap ideal dengan makanan-makanan berikut ini.

menurunkan berat badan

13 Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Agar berat badan turun, tidak cukup hanya mengurangi porsi makanan, namun juga harus mempertimbangkan jenis makanannya. Makanan yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan dapat membantu pembakaran lemak tubuh merupakan pilihan tepat untuk dikonsumsi. Berikut adalah 13 makanan untuk menurunkan berat badan yang diambil dari berbagai sumber.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau dikenal sebagai sumber bahan makanan yang sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Sayuran hijau memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang rendah namun kadar seratnya cukup tinggi. Komposisi tersebut tentu saja sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Mengkonsumsi sayuran dalam jumlah banyak akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama tanpa takut gemuk.

Kalsium yang terkandung dalam sayuran hijau dapat membantu tubuh untuk membakar kalori. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung aneka nutrisi penting yang dibutuhkan noleh tubuh. Mengkonsumsi sayuran hijau dalam porsi yang cukup dapat membantu tubuh untuk memproduksi antioksidan dan melawan radikal bebas.

2. Telur

Telur merupakan jenis makanan dengan kandungan protein dan lemak sehat yang tinggi. Mengkonsumsi telur saat sarapan juga akan membuat hormon ghlerin menurun sehingga tidak mudah timbul rasa lapar. Hal ini akan membuat seseorang tidak mudah tergoda untuk memakan makanan tidak sehat diantara waktu sarapan dan makan siang. Baca juga 8 Cara Membuat Minuman Diet Alami dengan Mudah.

3. Oatmeal

Mengkonsumsi semangkuk oatmeal di pagi hari akan membuat tubuh merasa kenyang hingga saatnya makan siang. Tambahkan buah-buahan segar sebagai pelengkap nutrisi di pagi hari. Oatmeal memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi namun rendah gula. Mengkonsumsi oatmeal di sebagai sarapan merupakan salah satu cara mudah menurunkan berat badan.  

4. Dada Ayam dan Daging Sapi Tanpa Lemak

Dada ayam dan daginga sapi tanpa lemak merupakan dua jenis makanan yang cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang dalam berusaha menurunkan berat badan. Protein tinggi yang ada di dalam dada ayam dan daging sapi tanpa lemak akan membantu tubuh untuk membakar kalori. Semakin banyak protein yang masuk ke dalam tubuh, maka kalori yang terbakar akan semakin banyak pula.

5. Kentang

Berat badan menurun secara alami dengan mengkonsumsi kentang sebagai pengganti nasi beras. Kentang memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi. Kebutuhan tubuh akan kaliu seringkali tidak terpenuhi. Kalium memiliki fungsi penting untuk mengontrol tekanan darah. Kentang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sehingga akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang kaya akan protein dan serat, sehingga ampuh untuk menurunkan berat badan. Mengkonsumsi kacang-kacangan akan memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama. Makanan ini membantu memperlambat proses pencernaan dan penyerapan makanan. Rasa kenyang setelah mengkonsumsi kacang-kacangan akan membuat tubuh mengkonsumsi makanan lain dalam jumlah sedikit.

7. Ikan Salmon dan Tuna

Salmon dan tuna  merupakan dua jenis ikan yang memiliki kandungan protein sangat tinggi namun rendah kalori. Mengkonsumsi ikan salmon atau tuna dapat memberikan asupan protein dalam jumlah yang mencukupi namun lemak dan kalori dalam tubuh tetap rendah. Untuk mendapatkan hasil terbaik, konsumsilah ikan salmon atau tuna segar, bukan yang sudah dikemas dalam kaleng.

8. Keju dan Yoghurt

Bagi yang suka mengkonsumsi produk olahan dari susu, pilihlah yang memiliki kandungan lemak rendah. Keju dan yoghurt rendah lemak sangat cocok untuk menurunkan berat badan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Protein tinggi pada produk olahan susu dapat membantu tubuh untukmembakar kalori.

9. Cabai

Pada beberapa orang, mengkonsumsi cabai dapat menjadi salah satu cara diet penurunan berat badan. Capcaisin yang memberi rasa pedas pada cabai ternyata mampu membantu tubuh untuk melakukan pembakaran lemak. Pembakaran lemak dengan mengkonsumsi cabai kemungkinan tidak terjadi pada orang yang terbiasa makan pedas. Hal ini karena orang tersebut memiliki toleransi terhadap capcaisin.

10. Beri

Anggota keluarga beri dikenal memiliki kandungan serat yang sangat tinggi khususnya blueberry. Beri juga memiliki kandunga gula yang cukup rendah sehingga cocok digunakan sebagai salah satu makanan untuk menurunkan berat badan. Buah-buahan dalam keluarga beri ini juga memiliki antioksidan yang cukup banyak sehingga akan membantu tubuh melawan radikal bebas.

11. Minyak Kelapa

Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa termasuk asam lemak yang tidak menyebabkan meningkatnya berat tubuh. Asam lemak pada minyak kelapa justru dapat membantu peningkatan pembakaran kalori dan memberikan rasa kenyang lebih lama dibanding minyak lainnya. Mengganti lemak untuk memasak dengan minyak kelapa dapat menjadi pilihan ketika sedang diet.

12. Alpukat

Kandungan gizi dan serat tinggi yang ada pada buah-buahan menjadikannya jenis makanan yang harus ada dalam setiap program menurunkan berat badan. Gula yang terkandunga dalam buah-buahan juga dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh. Hal ini penting karena ketika sedang diet, asupan gula pada tubuh harus dibatasi. Serat tinggi dalam buah juga dapat membantu metabolisme tubuh berjalan lancar.

Alpukat merupakan salah satu buah yang sangat bagus dikonsumsi ketika sedang menjalankan program penurunan berat badan secara alami. Alpukat kaya akan asam oleat tak jenuh tunggal sama seperti yang terkandung dalam minyak zaitun. Kandungan serat, air, dan kalium yang tinggi pada buah alpukat menjadikannya buah istimewa yang padat energi dan kaya akan nutrisi.

13. Sup Sayuran

Sup sayuran merupakan jenis masakan yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Kandungan air yang banyak dan aneka jenis sayuran di dalamnya dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan cukup memberikan asupan gizi. Pastikan sup yang dikonsumsi bukanlah jenis cream soup atau sup yang menggunakan tambahan susu, santan atau bahan-bahan berlemak lainnya.

Mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut di atas dalam jumlah yang sesuai akan membuat berat badan menurun dan tubuh menjadi lebih sehat. Jenis makanan yang sesuai dan diimbangi dengan pola hidup sehat tentunya akan sangat baik untuk mendukung program penurunan berat badan .

Pastikan untuk melakukan olah raga secara teratur agar berat badan dapat turun secara maksimal. Meskipun sedang melakukan program penurunan berat badan dengan mengkonsumsi makanan tertentu, sebaiknya perhatikan juga pemenuhan kebutuhan tubuh akan nutrisi yang seimbang. Demikian 13 jenis makanan yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Selamat mencoba.

Originally posted 2020-10-27 13:21:13.

About admin

Check Also

makanan khusus diet alami

15 Makanan Khusus Diet Alami yang Menyehatkan, Apa Aja?

Diet Sehat – Ada makanan khusus diet alami bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *