8 Inilah Cara Diet Sehat Dan Murah Ala Anak Kos Yang Punya Budget Tipis

DietSehat – Inilah Cara Diet Sehat Dan Murah Ala Anak Kos Yang Punya Budget Tipis! Masa remaja dan dewasa awal sangat identik dengan program diet, terutama bagi mereka anak kuliahan. Apalagi mereka yang tinggal di kos, karena sering kali mengonsumsi makanan tak sehat dan cepat saji. Alhasil, berat badan menjadi tidak terkontrol dan bila ingin diet pun budget pas-pasan.

Padahal ada cara sehat ala anak kos yang juga murah dan mudah untuk anda coba. Ingatlah bahwa diet sehat menjadi kunci utama para mahasiswa supaya bisa tetap tetap produktif dan kreatif dalam mengikuti perkuliahannya. Perlu anda ketahui, bahwa sebenarnya tujuan utama diet adalah untuk kesehatan dan penurunan berat badan adalah bonus.

Hidup sebagai anak kos, tak jarang membuatmu sering kehabisan stok makanan dan merindukan masakan rumah. Jika stok makanan sudah habis dan budget pun menipis, ujung-ujungnya mi instan lah yang menjadi pilihan. Padahal anda tengah menjalankan cara diet sehat dan murah.

Mengonsumsi mi instan terlalu sering tentu tidak baik bagi kesehatan dan berpotensi meningkatkan berat badan tanpa disadari. Oleh karenanya, sebagai anak kos anda juga perlu untuk melakukan diet sehat secara tepat meski budget tipis. Berikut caranya.

Cara diet sehat dan murah

Mengenal Cara Diet Sehat dan Murah ala Anak Kos yang Bisa Anda Coba

Adapun cara diet sehat da murah yang harus Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah:

Sarapan

Cara diet sehat dan murah ala anak kos yang pertama adalah dengan mengatur pola sarapan. Masih bertanya, kok bisa diet tapi sarapan? Perlu kamu tahu, bahwa diet bukan berarti kamu tidak makan sama sekali terutama di pagi hari. Diet adalah cara anda mengatur pola makan, serta sarapan justru menjadi poin penting dalam kelancaran proses diet.

Sarapan sangat penting bagi tubuh demi mempersiapkan tenaga untuk beraktivitas sepanjang hari. Apalagi bila seharian tubuh akan melakukan banyak aktivitas, sehingga memerlukan energi yang cukup besar di waktu sarapan. Gantilah kebiasaan sarapan buruk dengan mengonsumsi buah yang murah seperti jeruk, pisang, mangga, semangka, pepaya, jambu, dan lain sebagainya.

Makan siang

Cara diet sehat dan murah selanjutnya adalah dengan mengatur pola makan siang. Pada jam makan siang, anda juga bisa tetap makan kenyang dengan mengimbangi gizi yang dibutuhkan tubuh  Konsumsilah makanan dengan nutrisi karbohidrat atau protein, serta kombinasikan juga dengan sayur agar kebutuhan nutrisi anda tercukupi.

Anda pun masih bisa menikmati makan siang di warung terdekat yang menyediakan banyak jenis lauk sehat dari sayuran ataupun masakan rebus. Carilah makanan sehat yang tidak terlalu mahal yang ada di sekitar kampus atau tempat kos anda. Anda pun tak perlu kebingungan jika ingin mendapatkan protein.

Karena nutrisi ini tidak hanya didapatkan dari daging dan ikan saja. Tetapi anda juga bisa menggantinya dengan menu tempe atau tahu. Tentu menu ini bisa didapatkan dengan mudah dan murah di manapun anda berada. Cara diet sehat dan murah ini pastinya sangat efektif dilakukan oleh anak kos.

Makan malam

Selain sarapan dan makan siang, pola makan malam juga harus anda atur dengan tepat. Saat malam, tubuh akan melakukan penyerapan makanan menjadi lebih lambat yang berpotensi menyebabkan penumpukan lemak. Terutama pada pukul 8 malam sampai 4 pagi, sehingga disarankan untuk makan sebelum jam 8 malam.

Meski begitu, jangan sampai melewatkan waktu makan malam karena takut gemuk. Ingatlah bahwa cara diet sehat dan murah adalah mengonsumsi gizi yang seimbang, seperti sayuran dan kandungan sehat lainnya. Beri jeda minimal 2 jam sesudah makan, sebelum anda tidur.

Olahraga

Selain pola makan, pola olahraga juga menjadi poin yang krusial saat menjalankan proses diet. Pengaturan pola makan dengan gizi seimbang tidak akan maksimal, jika tidak anda imbangi dengan aktivitas olahraga secara rutin setiap harinya. Beberapa jenis olahraga yang disarankan seperti senam, lari, renang, bersepeda, ataupun jalan-jalan pagi.

Anda pun dapat mencoba cara diet sehat dan murah melalui olahraga pembentukan otot. Contohnya saja latihan olahraga plank, push up, hingga latihan beban. Lakukanlah olahraga ini secara teratur minimal durasi 30 menit hingga sekitar 60 menit selama 3x dalam seminggu, serta pilihlah olahraga yang tepat

Camilan sehat

Orang diet ternyata juga boleh membawa camilan, tapi jangan lupa untuk memilih jenis cemilan atau jajanan sehat. Apabila kebiasaan anda adalah mengonsumsi cemilan tak sehat, sebaiknya gantilah dengan camilan sehat. Camilan sehat bisa berupa buah-buahan, kacang-kacangan, yoghurt, dan sebagainya.

Ubahlah kebiasaan jajan yang beresiko menyebabkan kegemukan, sehingga dapat mengatasi jika dalam beraktivitas anda merasakan lapar. Dan yang terpenting, hindarilah jenis makanan cepat saji yang biasa menjadi surga duniawi bagi anak kos. Cara diet sehat dan murah ini tentu sangat mudah diterapkan oleh anak kos.

Ketahuilah bahwa makanan cepat saji mengandung lebih banyak lemak, bahan pengawet, kalori, serta gula di dalamnya. Sebagai anak kos, anda tak bisa menjadikan hal buruk ini sebagai kebiasaan.

Air mineral

Cara diet sehat dan murah selanjutnya adalah rutin minum air putih sesuai kebutuhan tubuh. Mengonsumsi air mineral benar-benar ampuh untuk dijadikan solusi diet sehat yang murah bagi anak kos-kosan. Supaya makin hemat, sebaiknya cobalah untuk membawa tempat minum sendiri ke mana pun anda pergi.

Hal ini akan sangat berguna untuk menghindari membeli air minum di luar sana, belum lagi dengan godaan minuman berperisa. Apalagi, minuman seperti ini mengandung tinggi kalor dan gula tersembunyi dalam jumlah tinggi. Mungkin anda tidak terlalu sadar, karena rasa manisnya tergolong sedang.

Hindarilah makanan tak sehat

Cara diet sehat dan murah lainnya, yakni dengan menghindari makanan tak sehat seperti makanan manis, berlemak, makanan instan dan cepat saji. Makanan seperti ini sebaiknya dikonsumsi tidak terlalu banyak karena dapat menimbulkan kerugian dalam tubuh.

Mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan bisa mengurangi tingkat kesehatan, serta penumpukan lemak. Untuk itu, anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi banyak serat seperti sayuran hijau, gandum utuh, labu, maupun ubi jalar.

Simak artikel lainnya disini.

Atur kegiatan nongkrong

Tak bisa dipungkiri, anak kos sering kali keluar nongkrong sekaligus makan di luar. Aktivitas ini menjadi hal yang paling sering menghalangi proses diet, terutama saat ada ajakan nongkrong dengan teman-teman. Anda bisa mengatasi masalah ini melalui cara diet sehat dan murah yang tepat.

Caranya, yakni dengan makan kenyang terlebih dahulu sebelum pergi nongkrong agar kamu tidak banyak makan nantinya. Cara ini juga efektif menghemat biaya yang akan anda keluarkan. Aturlah frekuensi nongkrong bersama teman dalam 1 bulan dan pertahankan konsumsi makanan sehat saat membeli di luar.

Itulah tadi cara diet sehat dan murah yang efektif untuk dilakukan anak kos tanpa khawatir pengeluaran membengkak. Bahkan bisa jadi, program diet ini bisa membantu mengurangi biaya pengeluaran bulanan anda.

Originally posted 2020-10-09 10:17:00.

Tinggalkan komentar