Cukupi 9 Nutrisi Diet Sehat Ini! Tubuh Bugar Berat Ideal

Diet Sehat – Nutrisi diet sehat harus dipenuhi dengan tepat, agar proses penurunan berat badan tidak menimbulkan efek samping yang terlalu berarti. Sebab, diet bukan hanya sekadar usaha untuk mengubah angka yang tertera pada timbangan, tetapi lebih dari itu. Sadar atau tidak, hal ini akan memengaruhi kondisi tubuh secara global.

Tubuh terdiri dari susunan berbagai macam organ yang saling bekerja sama untuk menjalani aktivitas dengan baik. Dan nutrisi berperan sebagai bahan bakar organ dalam menjalankan fungsinya. Jika program diet yang tidak mengindahkan kebutuhan nutrisi, maka dapat berakibat buruk pada kinerja organ-organ tersebut.

nutrisi diet sehat

Pengertian Nutrisi Diet Sehat

Dari sedikit ulasan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa asupan nutrisi sangat diperlukan tubuh. Tidak ada larangan untuk melakoni program diet, karena tubuh yang ideal juga dapat meminimalisir risiko terkena beragam penyakit. Namun, sebelum membahas program diet, mari mempelajari arti dari nutrisi diet sehat terlebih dahulu.

1. Pengertian Nutrisi

Menurut para ahli kesehatan, nutrisi yaitu substansi organik yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan metabolisme dan bertindak sebagai pembangun tubuh. Nutrisi berbeda dengan gizi, karena gizi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk menjalankan perannya dengan baik.

Adapun peran gizi untuk tubuh, yaitu menghasilkan energi atau tenaga, mengatur proses kehidupan, serta membangun dan memelihara jaringan. Dengan kata lain, nutrisi adalah makanan yang mengandung gizi, sementara gizi adalah sekumpulan vitamin. Meski berbeda, keduanya berkaitan erat dan tidak terpisahkan, terutama sebagai nutrisi diet sehat.

2. Pengertian Diet Sehat

Secara sederhana, diet dapat diartikan sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Namun, di dalam praktiknya sering terdapat poin-poin yang justru berisiko terhadap kesehatan maupun keseimbangan tubuh. Oleh karena itu, muncullah berbagai metode diet sehat. Lantas, apa yang dimaksud dengan diet sehat?

Diet sehat yaitu metode untuk menurunkan berat badan dengan cara mengelola pola makan. Poin utamanya adalah nutrisi diet sehat harus tercukupi dengan baik, tetapi tetap dalam batas aman. Cara ini lebih tepat untuk menurunkan berat badan, karena tubuh tidak kekurangan asupan.

Nutrisi yang Dibutuhkan Saat Diet Sehat

Jika sudah memahami tentang kebutuhan tubuh akan nutrisi, maka jangan berpikir untuk menghilangkannya sama sekali. Seperti yang sudah disinggung di atas, diet sehat adalah tentang pengaturan pola makan. Jadi yang harus adalah isi piring bukan meniadakan piringnya (melewatkan jam makan). Berikut adalah beberapa nutrisi diet sehat yang harus tetap ada:

1. Karbohidrat

Karbohidrat seringkali menjadi kambing hitam, saat berat badan terus naik. Hal ini memang benar adanya, tetapi bukan berarti menghilangkan karbohidrat dapat menyelesaikan permasalahan berat badan. Bagaimana pun juga karbohidrat adalah sumber utama energi di dalam tubuh. Jika asupan ini dihilangkan, maka tubuh akan menjadi lemas dan tidak bertenaga.

Meski sedang menjalani program diet, karbohidrat harus tetap ada. Langkah yang perlu dilakukan yaitu dengan mengubah sumber karbohidrat, yang semula berasal dari gula diganti dengan makanan sehat. Jenis makanan mengandung karbohidrat sebagai sumber nutrisi diet sehat adalah nasi merah, ubi jalar, singkong, kentang, pisang, dan lain-lain.

2. Protein

Keberadaan protein juga memiliki peranan penting di dalam tubuh, tak terkecuali saat menjalani program diet. Sebab, protein dapat membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh, terutama saat membakar lemak. Lantas, benarkah protein dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama? Baca juga 3 Nutrisi Untuk Diet Sehat yang Tepat, Cara Hitung dan Aturan Diet.

Benar, karena saat masuk ke dalam tubuh, protein harus melalui perjalanan panjang untuk dapat dicerna secara sempurna. Oleh karena itu, pastikan asupan protein selalu ada di dalam piring untuk memastikan nutrisi diet sehat tercukupi. Beberapa makanan yang tinggi protein, yaitu tempe, ikan, daging merah rendah lemak, serta daging ayam tanpa kulit.

3. Asam Folat

Asam folat merupakan nutrisi diet sehat yang sering dikonsumsi untuk hal-hal yang berkaitan dengan masalah kesuburan ataupun kehamilan. Wajar, karena asam folat digadang-gadang mampu mencegah berbagai permasalahan saat kehamilan, serta meningkatkan kesuburan. Meski demikian, asam folat juga termasuk nutrisi penting diet sehat yang tidak boleh absen.

Sebab, asam folat dapat membantu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta melancarkan pencernaan. Dengan tubuh yang sehat, maka program diet tidak mengalami kendala khusus. Beberapa makanan yang mengandung asam folat, yaitu telur, kacang-kacangan, sayuran dengan daun hijau, hati sapi, dan lain-lain.

4. Kalsium

Siapa sangka, mineral yang sering dihubungkan dengan kesehatan tulang dan gigi juga sangat berperan dalam program diet. Ya, keberadaan kalsium memang menjadi nutrisi diet sehat yang harus diperhitungkan. Sebab, mineral yang satu ini akan membantu proses metabolisme tubuh dalam mencerna makanan, serta menyerap nutrisi lebih baik.

Lebih dari itu, kalsium akan menguatkan otot-otot tubuh, sehingga olahraga dapat berlangsung dengan optimal. Ingat, diet yang sehat tidak terlepas dari kewajiban untuk berolahraga. Adapun jenis makanan yang mengandung kalsium, yaitu tahu, keju, susu, yogurt, dan lain-lain.

5. Lemak

Nasibnya sama seperti karbohidrat, lemak juga sering disalahartikan sebagai penyebab dari permasalahan berat badan. Benarkah demikian? Faktanya, lemak diperlukan sebagai cadangan sumber energi di dalam tubuh. Selain itu, lemak juga dapat melindungi organ-organ penting di dalam tubuh, serta membantu proses penyerapan vitamin.

Oleh karena itu, menghilangkan asupan lemak di dalam daftar nutrisi diet sehat bukan keputusan yang tepat. Langkah yang perlu dilakukan adalah memilih sumber lemak yang baik dan aman bagi tubuh. Beberapa di antaranya yaitu alpukat, telur, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan lain-lain.

6. Zat Besi

Nutrisi diet sehat yang selanjutnya adalah zat besi. Bagi seorang wanita keberadaan zat besi menjadi sangat penting, karena setiap bulan mengalami menstruasi. Zat ini memiliki peranan untuk membantu tugas sel darah merah menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Bagaimana jika tubuh kekurangan oksigen?

Kemungkinan paling rendah, yaitu tubuh mudah lelah, merasa lemas, dan tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari, terutama berolahraga. Hal ini tentu akan menjadi permasalahan tersendiri mengingat fungsi olahraga dalam program diet sehat. Beberapa makanan yang mengandung zat besi, yaitu ayam, daging merah, ikan, kacang-kacangan, serta sayuran hijau.

7. Magnesium

Salah satu mineral yang sering diabaikan oleh pelaku program diet adalah magnesium. Jika dilihat dari segi manfaatnya, maka sikap tersebut jelas salah. Sebab, magnesium merupakan nutrisi diet sehat yang berperan penting dalam menjaga pencernaan dan mencegah perut kembung. Mau cantik sehat? Simak artikel-artikel ini!

Selain itu, magnesium juga membantu seseorang untuk membangun massa otot agar lebih padat dan berisi. Saat proses pembentukan massa otot inilah, cadangan lemak yang menumpuk di dalam tubuh akan dibakar, yakni melalui olahraga. Adapun jenis makanan yang kaya akan magnesium, yaitu biji-bijian, sayuran hijau, kacang-kacangan, tahu, yogurt, ikan, dan lain-lain.

8. Vitamin C

Vitamin C sangat identik dengan makanan yang memiliki rasa asam atau kecut. Vitamin ini memiliki sifat sebagai anti oksidan, yaitu melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas. Namun, vitamin C ternyata juga berperan penting dalam proses metabolisme lemak, sehingga berat badan dapat diturunkan. Oleh karena itu, konsumsi secara rutin makanan yang mengandung vitamin C.

9. Serat

Serat memegang peranan yang tidak kalah penting sebagai nutrisi diet sehat. Menurut jurnal kesehatan, mengonsumsi serat 30 gram setiap hari dapat menurunkan tekanan darah, memperbaiki respon tubuh, serta membantu proses diet. Pendapat ini pun sudah diperkuat dengan berbagai penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan.

Sama seperti protein, serat juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat dicerna dan diserap tubuh. Oleh karena itu, reseptor di dalam tubuh akan memberikan sinyal ke otak bahwa tubuh masih kenyang. Akibatnya, rasa lapar pun dapat ditekan dan nafsu terhadap makanan menurun.

Meski demikian, tidak dianjurkan untuk melewatkan jam makan, baik sarapan, makan siang, maupun malam. Semua jam makan memiliki fungsi masing-masing bagi tubuh, tidak dapat ditunda maupun digabung dengan jam makan berikutnya. Ingat, yang harus diubah adalah isi piring.

Pastikan porsi makan tidak berlebihan, tetapi mencukupi semua nutrisi diet sehat. Menerapkan pola makan 4 sehat dan 5 bintang merupakan salah satu langkah paling mudah untuk memastikan kebutuhan tersebut. Semoga tulisan ini bermanfaat sebagai panduan mengatur pola makan saat diet.

About admin

Check Also

nutrisi diet untuk pria

Rekomendasi 9 Asupan Nutrisi Diet Untuk Pria, Simak Apa Aja!

Diet Sehat – Tahukah Anda, kebutuhan nutrisi diet untuk pria ternyata berbeda dengan wanita? Kemungkinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *