Rekomendasi 9 Asupan Nutrisi Diet Untuk Pria, Simak Apa Aja!

Diet Sehat – Tahukah Anda, kebutuhan nutrisi diet untuk pria ternyata berbeda dengan wanita? Kemungkinan besar pria lebih banyak memiliki masalah pada berat badan, tetapi berbeda dengan kaum hawa yang memikirkan segalanya, pria kerap mengabaikan dan enggan berdiet. Bila Anda ingin menjalani diet, jangan malas mencari tahu, terutama tentang pemenuhan nutrisi harian yang tepat.

Mengetahui asupan nutrisi yang akan masuk ke dalam tubuh harus menjadi hitungan pasti sehingga nanti diet yang dilakukan bisa berhasil tanpa kendala yang berarti. Selain itu, Anda juga bisa mendeteksi kesalahan diet yang mungkin Anda lakukan melalui catatan yang Anda buat.

nutrisi diet untuk pria

Nutrisi Diet untuk Pria yang Perlu Diketahui

Masalah nutrisi diet untuk pria memang menjadi salah satu hal yang kurang dipahami oleh sebagian besar lelaki. Kebanyanyak dari Anda mungkin berpikir bahwa nutrisi itu tidak terlalu penting. Padahal, peran nutrisi dalam keberhasilan proses diet itu sangat penting. Berikut beberapa pengetahuan mengenai kebutuhan nutrisi saat diet yang penting Anda ketahui:

1. Kebutuhan Gizi Yang Dibutuhkan Pria Dewasa

Kebutuhan gizi yang dibutuhkan ini sebenarnya akan berpengaruh pada pola makan diet untuk pria. Pada dasarnya, pria dewasa membutuhkan pola makan teratur sebanyak tiga kali dalam sehari. Selain itu, makanan tambahan seperti camilan juga kerap dibutuhkan. Dari sinilah Anda harus mulai memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Asupan nutrisi kalori juga tergantung pada usia seseorang. Usia 20 sampai 30 tahun, misalnya, biasanya membutuhkan 2.400 sampai 3000 kalori. Lalu umur 31 hingga 50 tahun yang membutuhkan 2.200 hingga 2.800 kalori. Sedangkan umur lebih dari 51 tahun biasanya membutuhkan 2000 hingga 2.400 kalori. Jadi, dapat disimpulkan bahwa semakin Anda tua, maka kebutuhan kalori dalam pola makan diet untuk priajustru semakin sedikit.

2. Tentukan Porsi Makan Yang Tepat

Porsi makan untuk memenuhi nutrisi diet untuk pria ditentukan dari menu dan banyaknya kalori yang masuk. Jadi, diet bukan berarti semata-mata harus mengurangi jumlah makan dalam sehari. Anda bisa tetap makan sebanyak tiga kali sehari, tetapi porsinya saja yang diatur. Hal ini penting agar pola makan Anda menjadi lebih baik dan seimbang.

Bagaimana caranya agar bisa seimbang? Hal pertama dan wajib Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan ahli gizi dan dokter ahli. Baru setelah itu Anda bisa menentukan takaran yang pas untuk porsi makan Anda. Baca juga 6 Nutrisi Diet yang Baik bagi Tubuh Anda dan Daftar Menunya.

3. Sarapan Yang Dianjurkan

Demi memenuhi nutrisi diet untuk pria, mengkonsumsi protein ketika sarapan ternyata sangat direkomendasikan, karena asupan protein tinggi bisa meningkatkan metabolisme tubuh secara langsung. Hal ini juga bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan diet cepat, karena protein juga berperan penting pada pertumbuhan massa otot dan pembakaran lemak.

Untuk rekomendasi menu terbaik diet cepat, mulai atur pola makan Anda dan imbangi dengan olahraga. Untuk sarapan, biasanya cukup dengan seporsi sandwich, telur rebus, tempe, atau daging saja. Dengan begitu, tentu akan menjadi pendorong untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi, bila Anda melakukan olahraga pada siang hari, setelahnya Anda masih bisa mengonsumsi karbohidrat tambahan.

4. Menu Makan Siang Yang Tepat

Makan siang yang baik untuk nutrisi diet untuk pria harus diisi dengan karbohidrat sehat. Hindari sebisa mungkin untuk mengonsumsi karbohidrat yang mungkin membuat gula darah tidak seimbang. Misalnya seperti nasi yang terlalu banyak, ataupun beberapa lapis roti. Hal ini penting agar tubuh Anda tetap fresh dan tidak cepat mengantuk.

Contoh sumber makanan yang tepat dikonsumsi pada siang hari sebagai karbohidrat sehat adalah roti gandum yang dengan isian salmon, irisan daging kalkun, atau dada ayam. Anda juga bisa memadukan isiannya dengan sayuran seperti tomat, timun, dan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa tetap makan enak namun sehat. Sedangkan untuk urusan minuman, apstikan menghindari yang menggunakan gula berlebih.

5. Menu Makan Malam Untuk Pria Yang Sedang Diet

Memenuhi kebutuhan nutrisi diet untuk pria pada malam hari, yakni ketika jam makan malam datang yaitu dengan makanan sehat. Mungkin Anda pernah mendengar mitos populer bahwa diet terutama di malam hari dilarang mengonsumsi karbohidrat. Sebenarnya boleh-boleh saja. Namun, memang hitungan kalorinya harus ditentukan sejak awal. Selain itu, Anda harus menyeimbangkannya dengan aktivitas harian Anda.

Bila Anda melakukan olahraga seperti angkat beban atau gym, maka konsumsi karbohidrat bukanlah masalah besar. Justru Anda akan direkomendasikan untuk memakan karbohidrat setiap hari agar stamina terjaga dan tidak mudah drop.

6. Hilangkan Pikiran “Pola Makan Sehat Itu Membosankan”

Selain butuh disiplin dan kemauan tinggi, untuk menunjang keberhasilan pemenuhan nutrisi diet untuk pria, hapus pemikiran bahwa pola makan sehat itu membosankan, karena sebenarnya Anda bisa melakukan beragam variasi menu dengan bermacam-macam sumber makanan yang sehat dan enak.

Anda bisa mencari lebih banyak informasi serta referensi variasi menu makanan yang tepat sebagai nutrisi diet untuk pria di internet. Sandwich dan kebab roti gandum, misalnya, bisa Anda kombinasikan daging rendah lemak dengan sayuran sehat dan juga yogurt plain. Untuk variasi lain, Anda juga bisa membuat sepiring salad lezat berisikan sayuran segar, buah alpukat, dan daging ayam fillet yang dipanggang. Untuk penggunaan minyak, Anda bisa menggunakan olive oil.

7. Tidur Teratur Dan Berkualitas

Melengkapi nutrisi diet untuk pria, pastikan Anda memiliki jam tidur rutin yang berkualitas. Anda disarankan tidur selama 7 hingga 8 jam dalam sehari dan menghindari begadang ataupun tidur terlampau larut. Selain membuang waktu dan tenaga, begadang diyakini dapat memberikan efek samping negatif jangka panjang pada tubuh manusia, termasuk merusak metabolisme tubuh yang nantinya bisa menggagalkan program diet Anda. Hal ini bisa diperparah bila Anda gemar begadang sembari mengonsumsi cemilan tak sehat ataupun merokok.

Sedangkan jam tidur yang rutin serta berkualitas berfungsi untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh dan mendukung pembentukan massa otot. Kurang waktu tidur juga bisa menyebabkan Anda lemas, tidak bersemangat, dan seringkali justru membuat Anda ingin makan terus-menerus.

8. Jangan Tinggalkan Olahraga

Meski ada program diet yang berhasil tanpa olahraga, sebaiknya Anda tidak meninggalkan aktivitas fisik yang satu ini. Tidak perlu olahraga berat, Anda bisa melakukan yang ringan saja asalkan teratur dan disiplin waktu.

9. Konsumsi Air Putih

Konsumsi air putih sebagai nutrisi diet untuk pria harus disesuaikan dengan kebutuhan cairan harian tubuh. Mengonsumsi air putih secara rutin efektif membantu proses metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Selain itu, air putih juga bisa membersihkan pencernaan, membuat pikiran lebih fokus, serta menyehatkan kulit.

Setiap pria memang memiliki metabolisme yang berbeda-beda. Namun, sebagai langkah awal memenuhi nutrisi diet untuk pria sekaligus mendapatkan tubuh ideal yang prima, Anda harus mengikuti kaidah umum diet, yakni olahraga teratur dan menjaga pola makan. Anda boleh menggunakan obat diet asalkan telah berkonsultasi sebelumnya dengan ahli gizi dan dokter ahli.

Tinggalkan komentar