6 Nutrisi Diet yang Baik bagi Tubuh Anda dan Daftar Menunya

Diet Sehat – Nutrisi diet yang baik sangat dibutuhkan tubuh terutama ketika Anda disibukkan dengan berbagai aktivitas selama seharian penuh. Walaupun Anda berusaha untuk melakukan diet, tetapi tetap mencukupi kebutuhan nutrisi adalah hal yang wajib Anda lakukan. Hal ini berguna agar tubuh tidak kehilangan tenaga.

Pada dasarnya diet yang sehat berfungsi untuk mengeluarkan berbagai lemak jahat di dalam tubuh dengan menggantinya dengan asupan nutrisi seperti vitamin maupun protein. Namun, seringkali kaum hawa melakukan diet dengan tujuan menurunkan berat badan secara drastis. Padahal kebutuhan nutrisi sangat penting. Lantas apa saja nutrisi yang diperlukan tubuh, bahkan di saat diet sekalipun? Berikut ulasannya.

Nutrisi diet yang baik

Macam-macam Diet Sehat

Secara garis besar, diet dibagi menjadi 4 macam dan apapun itu Anda juga harus paham tentang nutrisi diet yang baik. Diet yang pertama ialah diet keto. Pastinya Anda sudah tidak asing dengan diet ini. Mekanisme yang digunakan untuk diet keto adalah mengurangi porsi karbohidrat, tetapi menaikkan konsumsi lemak dan protein. Macam-macam diet selanjutnya adalah diet mediterania dan paleo.

Diet mediterania memiliki tujuan utama untuk mengonsumsi makanan yang dikonsumsi oleh orang-orang di Mediterania. Contohnya adalah sayuran, buah, minyak zaitun, sampai beberapa jenis kacang-kacangan. Sedangkan diet paleo bisa dibilang mirip dengan diet mediterania. Namun, diet paleo meniru pola makan masyarakat pada zaman paleolithikum (prasejarah).

Terakhir, diet yang seringkali dilakukan ialah diet atkins, sebuah diet yang bertujuan untuk mengendalikan asupan karbohidrat yang dikonsumsi. Pada umumnya segala jenis diet menyarankan untuk mengurangi konsumsi lemak jenuh. Sebaliknya, diet atkins lebih mengutamakan konsumsi lemak daripada karbohidrat bagi tubuh. Sehingga bisa dibilang diet ini cukup bereaksi pada Anda yang kerap melakukan olahraga (pembakaran lemak).

Inilah Nutrisi Diet yang Baik

Diet yang efektif jelas membutuhkan nutrisi yang tepat. Bagaimana nutrisi diet yang baik dan tepat bagi Anda yang sedang dalam program diet? simak penjelasannya berikut:

1. Kalsium

Nutrisi pertama yang sangat dibutuhkan ketika melakukan diet adalah kalsium. Kalsium memegang peranan penting dalam menjaga fleksibilitas tulang, sendi, maupun otot. Sehingga bagi Anda yang memiliki aktivitas fisik cukup berat sampai pekerjaan yang berhubungan dengan kekuatan, maka sangat disarankan untuk banyak mengonsumsi kalsium.

Lebih lanjut, nutrisi diet yang baik berupa kalsium dapat menurunkan berat badan dengan membantu penyerapan sampai mempercepat proses metabolisme tubuh. Terlebih lagi ketika Anda mengimbanginya dengan kegiatan olahraga yang khusus untuk membentuk bagian tubuh tertentu.

2. Protein

Bagi Anda yang sedang melakukan diet, protein berfungsi untuk meningkatkan rasa kenyang pada perut sekaligus mempercepat proses metabolisme yang dilakukan tubuh. Bahkan kandungan di dalam protein ini diterapkan pada diet keto yang berfokus untuk mengonsumsi protein lebih tinggi dari asupan karbohidrat.

Selain itu, nutrisi diet yang baik bagi tubuh ialah zinc. Zinc dan protein sama-sama memiliki kemampuan untuk mengembalikan energi bagi tubuh dan meningkatkan pembakaran lemak yang dilakukan pada setiap aktivitas. Beberapa makanan seperti ikan, kacang, dan biji-bijian memiliki kandungan protein dan zinc yang tinggi.

3. Vitamin C

Berikutnya ialah vitamin C. Khusus bagi kaum hawa, vitamin C tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan saja, melainkan juga merawat kesehatan kulit Anda. Apabila diamati secara lebih dekat, vitamin C memiliki fungsi untuk membantu memaksimalkan kerja sel yang ada di dalam tubuh.

Sumber vitamin C dari nutrisi diet yang baik ini dapat berasal dari jeruk, lemon, sampai berbagai buah yang mengandung vitamin C lainnya. Sementara itu, apabila Anda kekurangan vitamin C maka serangkaian masalah seperti gangguan pada pencernaan, kulit yang kusam, sampai sulitnya menurunkan berat badan.

4. Vitamin B6

Sepertinya vitamin satu ini dinilai cukup asing bagi sebagian besar orang, padahal manfaat dari B6 sendiri sangat besar bagi nutrisi diet yang baik. Salah satu manfaat dari vitamin B6 ialah membantu untuk mengatur suasana hati Anda dan menurunkan berat badan dengan memberikan rasa kenyang lebih lama daripada ketika tidak mengonsumsinya sama sekali.

Mekanisme vitamin B6 dalam mengatur suasana hati yaitu  dengan memproduksi hormon serotonin yang berfungsi dalam pengelolaan neurotransmitter. Selain itu, ketika dampak serotonin di tubuh Anda rendah maka rasa ingin makan akan lebih besar, khususnya dalam konsumsi camilan. Sehingga untuk meningkatkan kestabilan dari hormon ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi  berbagai jenis kacang sampai oat.

5. Vitamin ADEK

Nutrisi diet yang baik berikutnya ialah vitamin A, D, E, dan K. Vitamin ini dinilai dapat larut dalam lemak dan berfungsi cukup banyak dalam menurunkan berat badan. Bahkan vitamin ini juga bermanfaat untuk melancarkan pembuluh darah sampai pencernaan. Dengan mengonsumsi vitamin ADEK maka konsumsi berbagai lemak bagi tubuh juga lebih mampu dikontrol secara lebih baik lagi.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin ADEK antara lain seperti minyak zaitun, berbagai jenis kacang-kacangan, salmon, sampai buah alpukat. Anda dapat mengonsumsi makanan tersebut sebagai pengganti menu karbohidrat Anda. Baca juga Ikuti 6 Anjuran Dokter Nutrisi Diet Ini Agar Langsing Cepat.

6. Magnesium

Selanjutnya, nutrisi diet yang baik dan seringkali terlupakan adalah magnesium. Padahal manfaat dari magnesium sendiri sangat besar untuk menurunkan berat badan. Beberapa makanan yang mengandung magnesium dapat membantu menjaga saluran pencernaan dan membantu agar lambung tidak terserang maag.

Lebih lanjut, ketika Anda mengonsumsi magnesium secara tepat maka hal ini memungkinan tubuh Anda untuk membentuk otot dengan lebih baik. Beberapa makanan yang mengandung magnesium seperti ikan, tahu, dan yogurt dapat menjadi pilihan makanan sehari-hari Anda untuk menggantikan konsumsi lemak jenuh atau karbohidrat.

Menu Diet Sehat

Setelah mengetahui beberapa nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh ketika Anda menjalani diet, sekarang tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa menu diet yang bisa Anda jadikan referensi untuk makanan sehari-hari.

1. Menu diet sehat hari ke-1

Untuk hari pertama menu yang mengandung nutrisi diet yang baik untuk tubuh adalah 2 buah telur rebus dengan 1 potong roti. Anda juga bisa menambahkan setengah buah alpukat dan air mineral sebagai minuman. Sementara di siang hari, Anda bisa mengonsumsi dada ayam (rebus atau bakar) dengan semangkuk sup bayam.

2. Menu diet hari ke-2

Nutrisi diet yang baik dapat diperoleh pada saat sarapan, sehingga di pagi hari Anda bisa mengonsumsi sapi panggang dengan 2 potong roti gandum. Tak lupa, tambahkan sayuran seperti wortel atau selada. Sementara, di siang hari Anda bisa mengonsumsi fillet dada ayam dengan semangkuk sup brokoli.

3. Menu diet hari ke-3

Terakhir, Anda bisa sarapan dengan semangkuk oatmeal dan tambahan segelas susu almond. Jangan lupa, tambahkan buah seperti apel atau kiwi. Di siang hari, Anda bisa memasak tortilla dengan tambahan tomat, selada, dan irisan daging ayam rebus.

Nah, di atas adalah beberapa nutrisi diet yang baik sampai rekomendasi menu makanan untuk diet. Anda juga bisa melakukan variasi pada menu makanan sesuai dengan kebutuhan kalori harian Anda, maupun banyaknya aktivitas yang Anda lakukan. Selamat Mencoba!

About admin

Check Also

nutrisi untuk diet sehat

3 Nutrisi Untuk Diet Sehat yang Tepat, Cara Hitung dan Aturan Diet

Diet Sehat – Nutrisi untuk diet sehat ini harus dipertimbangkan dengan baik, sebelum memutuskan untuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *