Ketahui 5 Nutrisi Saat Diet yang Harus Ada di dalam Makanan!

Diet Sehat – Nutrisi saat diet sangat perlu diperhatikan agar tubuh tidak kekurangan zat gizi penting. Bagi sebagian besar wanita, diet adalah sebuah upaya menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan dan membatasi jenis makanan yang dikonsumsi. asumsi ini yang mengakibatkan munculnya program diet yang hanya mengonsumsi nutrisi tertentu dan mengabaikan nutrisi penting lainnya.

Diet bukan berarti mengurangi zat-zat tertentu dalam makanan untuk diet. Diet yang benar adalah mengatur gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat dengan tetap mengonsumsi seluruh zat gizi yang diperlukan bagi tubuh. Anda harus tetap memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi. Berikut adalah nutrisi saat diet yang harus Anda penuhi meski sedang menjalankan diet.

nutrisi saat diet

Nutrisi Saat Diet yang Harus Ada dalam Makanan Harian

Diet sering dilakukan saat seseorang merasa mengalami kelebihan berat badan. Saat melakukan program diet, pastikan tubuh tetap mendapatkan asupan vitamin, mineral, dan zat gizi penting lainnya. Berikut adalah nutrisi saat diet yang harus selalu ada dalam makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

1. Karbohidrat

Sebagian besar orang menghentikan konsumsi karbohidrat dalam porsi makan diet pemula. Cara ini salah karena karbohidrat adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh manusia. Apabila tidak ada karbohidrat, maka tubuh akan mengambil energi dari cadangan lemak dan protein. Hal ini dapat berakibat buruk apabila berlangsung dalam waktu yang lama.

Karbohidrat tersusun atas tiga komponen utama yaitu serat, pati, dan gula. Anda harus menemukan karbohidrat sebagai nutrisi saat diet yang tepat agar dapat mencegah kenaikan berat badan. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat dan pati. Sebaliknya hindarilah karbohidrat sederhana yang mengandung banyak gula.

Karbohidrat sederhana hanya terdiri dari satu atau dua molekul gula, sehingga lebih cepat dicerna oleh tubuh. Hal ini dapat memicu lonjakan kadar gula darah yang menyebabkan resiko penyakit diabetes. Jenis karbohidrat ini bisa ditemukan pada makanan olahan dan gula tambahan seperti kue, pizza, pasta, biskuit, dan minuman. Anda harus menghindari makanan tersebut pada menu diet sehat 30 hari.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks tidak boleh ditinggalkan sebagai nutrisi saat diet. Makanan ini mengandung serat dan pati yang lebih lambat dicerna, serta vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Karbohidrat kompleks menbuat perut lebih cepat kenyang, artinya merupakan pilihan terbaik untuk mengontrol berat badan.

Banyak sumber makanan karbohidrat kompleks yang memiliki campuran dari karbohidrat sederhana. Keduanya bersifat saling melengkapi. Buah-buahan mengandung gula alami fruktosa yang merupakan karbohidrat sederhana, namun memiliki serat tinggi yang merupakan karbohidrat kompleks. Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki gula yang rendah namun tinggi serat dan pati.

2. Protein

Asupan protein harus diperhatikan sebagai nutrisi saat diet. Protein adalah nutrisi makro yang berperan penting sebagai pembangun sel dan sangat berperan dalam proses metabolisme di dalam tubuh. Mengonsumsi protein dapat membantu Anda menurunkan berat badan.  Protein adalah kunci penting dalam menurunkan berat badan karena membantu pembakaran kalori serta mempengaruhi nafsu makan.

Anda harus cermat saat mengonsumsi protein sebagai zat dalam diet sehat. umumnya makanan berprotein mengandung lemak, oleh karenanya pilihlah makanan berprotein yang mengandung lemak baik. Jangan makan daging merah atau daging olahan karena kadar lemaknya yang tinggi. Bukannya turun, berat badan Anda akan semakin meningkat saat mengonsumsi daging ini.

Makanan protein yang mengandung lemak baik bisa Anda jumpai pada ikan yang berdaging putih seperti tuna. Ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik sebagai nutrisi saat diet dan penting untuk kesehatan tubuh. Anda juga dapat mengonsumsi kacang kedele atau produk olahannya seperti tahu dan tempe. Anda juga dipersilahkan mengonsumsi dada ayam tanpa kulit sebagai menu makan.

Anda dapat mengonsumsi biji-bijian seperti biji labu sebagai cemilan sehat serta sarapan satu hingga dua butir putih telur setiap hari. Selain membantu pembakaran kalori saat proses pembangunan otot, protein yang lambat dicerna di dalam perut akan cepat memberi rasa kenyang. Hal ini membuat Anda lebih bisa mengontrol nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk ngemil di luar jam makan.

3. Lemak

Orang sering menganggap lemak yang ada di dalam tubuh sangat merugikan karena mengganggu penampilan dan berbahaya bagi kesehatan. Sesungguhnya lemak adalah zat penting yang harus ada sebagai nutrisi saat diet. Tubuh membutuhkan lemak yang tidak dapat diproduksi sendiri, misalnya asam lemak omega-3, untuk berbagai aktivitas yang berlangsung di dalam tubuh.

Lemak berperan penting dalam proses penyerapan vitamin A, D, dan E. Lemak juga dapat menjadi sumber energi di dalam tubuh. Akan tetapi bukan berarti Anda harus mengonsumsi lemak berlebih untuk mendapatkan sumber energi. Kandungan lemak yang cukup dapat menjaga tubuh agar tetap hangat. Lemak melindungi organ tubuh dari kerusakan, membangun sel, dan memproduksi hormon.

Agar mendapatkan manfaat lemak secara maksimal, Anda harus menghindari konsumsi lemak jenuh dan lemak trans dalam nutrisi saat diet. Lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Jenis lemak ini dapat ditemukan pada kulit ayam, dagung merah, dan produk olahannya seperti mentega, susu, dan keju.

Lemak trans juga tidak baik dikonsumsi karena dapat meningkatkan kadar LDL dalam darah. LDL yang tinggi dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti diabetes, stroke, hipertensi, dan penyakit jantung. Hindari produk makanan olahan seperti donat, pizza, kentang goreng, popcorn karena pada jenis makanan ini banyak ditemukan lemak trans.

Sebaliknya dengan lemak jenuh, lemak tak jenuh adalah nutrisi saat diet yang harus dikonsumsi dalam jumlah cukup. Lemak ini dapat menjaga tingkat HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh dan menurunkan LDL. Anda bisa mendapakan manfaat lemak tak jenuh saat mengonsumsi ikan salmon, tuna, buah alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

4. Zat Besi

Zat besi sangat penting terutama bagi wanita. Zat besi berperan dalam membantu sel darah merah untuk membawa okigen ke seluruh sel. Kekurangan zat besi akan membuat tubuh Anda cepat lelah, lemas, dan malas beraktivitas.

Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan oksigen di dalam tubuh. Konsumsilah sayuran hijau seperti bayam dan kacang-kacangan untuk menghindari tubuh kekurangan zat besi. Baca juga 8 Makanan Diet Nutrisi Adalah yang Rendah Kalori, Simak Penjelasannya!

5. Kalsium

Jangan lupakan kalsium saat Anda menyusun menu diet. Kalsium adalah mineral penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium juga berperan untuk membantu menjaga kesehatan jantung, mengatur tekanan darah, memperkuat otot, dan mencegah tulang keropos. Penuhi kebutuhannya dengan mengonsumsi susu rendah lemak, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, serta kacang-kacangan.

Demikianlah 5 nutrisi saat diet yang penting Anda cukupi saat melaksanakan diet. Selain zat tersebut di atas, Anda juga harus melengkapi zat penting seperti aneka vitamin dan mineral lain. Makan dengan porsi yang seimbang bukan hanya mampu membuat berat badan turun, namun juga membuat tubuh Anda lebih bugar.

About admin

Check Also

nutrisi untuk diet sehat

3 Nutrisi Untuk Diet Sehat yang Tepat, Cara Hitung dan Aturan Diet

Diet Sehat – Nutrisi untuk diet sehat ini harus dipertimbangkan dengan baik, sebelum memutuskan untuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *