10 Pedoman Diet Gizi Seimbang Kemenkes, Yuk Ikuti!

Diet Sehat – Mengkonsumsi makanan sebagai program diet gizi seimbang kemenkes sangatlah penting untuk dilakukan. Makan bukan sekedar mengatasi rasa lapar atau bahkan menjadi gaya hidup. Pengertian tentang gizi yang seimbang secara sederhana yaitu adanya asupan bagi tubuh dengan jumlah dan jenis zat gizi sesuai dengan kebutuhan. 

Kondisi gizi yang tidak baik atau kurang memenuhi kebutuhan tubuh akan zat gizi tentu saja akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Tubuh yang kurang mendapat materi gizi secara seimbang akan rentan mengalami penyakit infeksi. Selain itu, tubuh juga mudah terkena penyakit tidak menular seperti misalnya stroke, penyakit jantung, hipertensi, diabetes dan bahkan kanker. 

diet gizi seimbang kemenkes

Inilah Pedoman Diet Gizi Seimbang Kemenkes yang Penting untuk Diketahui

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan sebuah program yang diberi nama Pedoman Diet Gizi Seimbang Kemenkes. Program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki pola hidup sehat lewat kebiasaan dan makanan yang dikonsumsi. Berikut adalah 10 pedoman yang ditetapkan oleh Kemenkes.

Biasakan konsumsi anekaragam makanan pokok

Indonesia sangat kaya akan jenis sumber bahan makanan pokok. Makanan pokok yang dimaksud disini adalah sumber-sumber makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan pokok yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi beras antara lain adalah jagung, singkong, ubi, sagu, kentang, jali, sorgum dan juga sukun. 

Jenis-jenis makanan pokok ini dapat dikonsumsi secara bergantian untuk pemenuhan gizi yang seimbang. Jika Anda melakukan prinsip dan syarat diet gizi seimbang kemenkes secara benar maka, mudah untuk mendapatkan berat badan ideal dan sehat. Tentunya, itu syarat dan prinsipnya cukup mudah diikuti yaitu dengan memperhatikan pola makan dan kadar konsumsinya.

Batasi konsumsi makanan asin, manis dan berlemak

Dalam upaya diet gizi seimbang Kemenkes, Anda harus membatasi konsumsi makanan asin, manis dan berlemak. Mengkonsumsi aneka jenis makanan yang mengandung garam, gula dan lemak dalam jumlah banyak akan memiliki pengaruh kurang baik bagi tubuh. Maka, lebih baik Anda melakukan pengukuran kadar konsumsinya setiap hari.

Konsumsi gula dan atau garam secara berlebih dapat mengakibatkan penyakit yang serius seperti diabetes dan hipertensi. Makanan yang mengandung banyak lemak jenuh sebaiknya juga dikonsumsi dalam jumlah sangat terbatas agar kadar kolesterol darah tetap terjaga.

Konsumsi lauk pauk berprotein tinggi

Konsep diet gizi seimbang Kemenkes menganjurkan untuk mengkonsumsi lauk pauk dengan kandungan protein tinggi. Protein ini bisa didapatkan dari sumber protein hewani dan protein nabati. Protein hewani bisa didapat dari aneka jenis ikan, daging dan susu. Sumber protein nabati banyak dijumpai dalam aneka jenis kacang-kacangan beserta produk olahannya. Tempe dan tahu merupakan protein nabati yang mudah didapatkan.

Biasakan sarapan pagi

Sarapan pagi merupakan salah satu upaya diet gizi seimbang Kemenkes yang wajib dilakukan. Sarapan memiliki peran penting untuk menjaga asupan gizi yang seimbang bagi tubuh.  Dengan memiliki kebiasaan menyantap sarapan pagi, tubuh memiliki cadangan energi untuk beraktivitas. Tubuh juga tidak cepat merasa lapar sebelum waktu makan siang sehingga dapat menghindarkan dari keinginan mengkonsumsi camilan. 

Konsumsi banyak buah dan sayur

Buah dan sayur haruslah dikonsumsi setiap hari karena kandungan vitamin yang ada dalam buah dan sayur tidak dapat disimpan oleh tubuh. Jumlah buah dan sayur yang dikonsumsi haruslah lebih banyak dibandingkan dengan jumlah lauknya. Manfaat diet gizi seimbang Kemenkes dapat diperoleh apabila konsumsi buah dan sayur terpenuhi. 

Konsumsi air putih dengan jumlah cukup

Konsumsi air putih yang dianjurkan adalah sebanyak delapan gelas atau sekitar dua liter air per hari. Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu metabolisme dalam tubuh. Kekurangan konsumsi air putih tentu saja akan mengakibatkan gizi seimbang yang diperlukan tubuh tidak terpenuhi. Baca juga 5 Jadwal Diet Sehat Hadir Untuk Bantu Kamu.

Lakukan aktivitas fisik dan jaga berat badan ideal

Aktivitas fisik atau olahraga sangat penting untuk dilakukan setiap hari. Olahraga secara teratur akan menjaga tubuh tetap bugar. Banyak pilihan olahraga yang dapat dilakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga juga dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal. Sebaiknya jaga berat badan selalu dalam posisi normal. Berat badan yang terlalu berlebihan dapat mengakibatkan penyakit. 

Cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir

Pedoman diet gizi seimbang kemenkes selanjutnya adalah mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir wajib dilakukan sebelum menyantap hidangan makan dan minum. Tangan yang bersih dapat menjaga tubuh dari berbagai macam kuman, bakteri dan virus yang dapat membahayakan. 

Biasakan membaca label kemasan pangan

Label pada kemasan pangan biasanya akan memberikan informasi kandungan gizi dari makanan tersebut. Dengan membaca label pada kemasan pangan, maka dapat diketahui apakah pangan tersebut cukup untuk memberi asupan gizi yang seimbang atau tidak. Sebaiknya hindari pangan kemasan yang memiliki kandungan garam atau gula terlalu tinggi. 

Mensyukuri dan menikmati aneka jenis makanan

Menikmati beragam jenis makanan yang sehat merupakan salah satu bentuk syukur atas ketersediaan makanan yang ada. Dengan bersyukur dan menikmati aneka jenis makanan, maka diharapkan kebutuhan gizi yang seimbang bagi tubuh akan terpenuhi. Hal ini terjadi karena asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh akan beragam, tidak hanya dari jenis makanan tertentu. 

Pemenuhan gizi yang seimbang setiap harinya dapat dengan mudah diterapkan menggunakan konsep piring diet gizi seimbang kemenkes. Konsep ini mengajarkan tentang komposisi makanan yang ada dalam setiap piring makanan yang akan disantap. Dalam satu piring idealnya terdapat setengah bagian sayur dan buah, seperempat bagian makanan pokok atau karbohidrat dan seperempat bagian lauk. 

4 Pilar Prinsip Diet Gizi Seimbang

Pada dasarnya, pilar prinsip diet gizi seimbang kemnkes ini merupakan upaya untuk menyeimbangkan antara zat gizi yang masuk dengan zat gizi yang keluar. Hal ini dilakukan dengan tetap mengontrol berat badan agar berada dalam kondisi berat badan normal. Empat pilar prinsip gizi yang seimbang meliputi hal-hal berikut ini.

Mengkonsumsi beraneka ragam makanan

Mengkonsumsi makanan dengan ragam yang bervariasi memberikan keuntungan bagi tubuh. Zat-zat gizi yang ada dalam beragam makanan tersebut akan saling melengkapi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serat dan vitamin secara seimbang akan membuat tubuh mendapatkan asupan untuk diet gizi seimbang kemenkes.

Membiasakan berperilaku hidup bersih

Perilaku hidup bersih harus sudah dibiasakan sejak dini dan dijadikan sebuah budaya. Beragam penyakit infeksi dapat dicegah dengan menerapkan perilaku hidup bersih. Orang yang menderita penyakit infeksi dapat mengalami penurunan nafsu makan sehingga kebutuhan gizi tubuh kurang terpenuhi. Sebaliknya, orang yang mengalami penyakit infeksi memerlukan lebih banyak zat gizi untuk mengatasi penyakitnya.

Melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik tidak terbatas pada kegiatan olahraga. Kegiatan fisik ini diharapkan dapat memberikan keseimbangan antara gizi yang masuk dengan gizi yang keluar terutama berkaitan dengan kalori atau energi. Aktivitas fisik juga dapat membantu proses metabolisme tubuh termasuk metabolisme gizi. Aktivitas fisik menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan dalam pilar prinsip gizi yang seimbang kemenkes.

Memantau dan mempertahankan berat badan normal

Konsep diet gizi seimbang kemenkes tidak lepas dari kegiatan memantau dan mempertahankan berat badan yang normal. Berat badan normal seturut Indeks Masa Tubuh (IMT) merupakan salah satu indikator adanya keseimbangn gizi dalam tubuh. Pemantauan berat badan dengan berpedoman pada keseimbangan gizi dapat mencegah tubuh mengalami kekurangan atau justru kelebihan berat badan.

Empat prinsip gizi yang seimbang tersebut digambarkan dalam Tumpeng Gizi Seimbang (TGS). TGS memiliki beberapa lapisan dimana semakin tinggi lapisan akan semakin kecil jumlahnya. Setiap lapisan menggambarkan porsi dari setiap jenis makanan yang akan disantap.

Pola hidup sehat dengan mengacu pada pemenuhan makanan diet gizi seimbang kemenkes bagi tubuh haruslah terus diupayakan. Makan tidak lagi hanya untuk menuntaskan rasa lapar atau bahkan gaya hidup. Ayo mulai konsumsi makanan dengan menerapkan piring gizi.  

Originally posted 2020-10-12 16:09:38.

About admin

Check Also

diet sehat tanpa olahraga

Diet Sehat Tanpa Olahraga? Bisa Kok Ikuti 8 Langkah Ini!

Diet Sehat – Diet sehat tanpa olahraga adalah solusi bagi Anda yang tidak punya cukup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *