13 Resep Diet Alami Tanpa Efek Samping yang Harus Dicoba!

DietSehat – Resep diet alami tanpa efek samping sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin diet sehat dan aman. Meski hasilnya tidak instan seperti menggunakan pil diet, namun diet alami tentu lebih menyehatkan.

Saat menjalani diet secara alami, tentu Anda harus sabar dan konsisten agar mendapatkan berat badan sesuai keinginan. Terdapat 13 resep untuk menurunkan berat badan secara alami yang bisa dicoba di rumah, yaitu sebagai berikut.

Resep diet alami tanpa efek samping

Inilah Resep Diet Alami Tanpa Efek Samping

Adapun resep diet secara alami yang tidak menimbulkan efek samping adalah:

Konsumsi Teh Hijau

Resep diet alami tanpa efek samping yang pertama yaitu mengonsumsi teh hijau. Sejak dahulu, teh hijau dipercaya mampu menurunkan berat badan secara efektif. Teh hijau juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti antioksidan, polifenol, magnesium, dan lain sebagainya. 

Selain bisa menurunkan berat badan, konsumsi teh hijau juga menyehatkan tubuh. Anda bisa mengonsumsi teh hijau setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Saat mengonsumsi teh hijau, pastikan untuk tidak menambahkan gula di dalamnya.

Konsumsi Air Jeruk Nipis

Resep diet secara alami cepat selanjutnya yaitu menggunakan air jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Berbagai kandungan di dalam jeruk nipis antara lain vitamin C, vitamin B1, zat besi, kalsium, fosfor, karbohidrat, lemak, dan air. Anda bisa mengonsumsi air jeruk nipis dengan air hangat 2 kali sehari untuk menurunkan berat badan. 

Konsumsi Makanan Berserat

Selanjutnya, resep diet alami tanpa efek samping yaitu mengonsumsi makanan yang kaya serat. Berbagai makanan serat seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan. Selain bisa menurunkan berat badan, makanan kaya serat juga bisa membantu detoksifikasi tubuh dan membersihkan saluran pencernaan. Sehingga dengan rutin mengonsumsi makanan serat, maka berat badan menjadi ideal serta tubuh lebih sehat.  

Perbanyak Minum Air Putih

Resep diet alami tanpa efek samping selanjutnya yaitu dengan perbanyak minum air putih. Selain efektif untuk menurunkan berat badan, air putih juga memiliki manfaat penting untuk tubuh. Berbagai manfaat dari minum air putih antara lain menjadikan kulit lebih cerah, meningkatkan kinerja ginjal, dan membuang racun dalam tubuh. Waktu tepat meminum air putih untuk diet yaitu sebelum makan. Dengan begitu maka Anda akan merasa kenyang lebih cepat. 

Hindari Makanan Cepat Saji

Menghindari fast food juga termasuk resep diet alami tanpa efek samping. Meski terlihat lezat dan praktis, ternyata makanan cepat saji bisa menaikkan berat badan secara drastis. Hal ini karena makanan cepat saji mengandung MSG yang bisa menaikkan berat badan. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih makanan lain yang lebih sehat dan mengandung protein, seperti  telur, ikan, maupun ayam. 

Kurangi Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Diet karbohidrat menjadi resep diet alami tanpa efek samping. Karbohidrat biasanya terdapat di dalam bahan pokok seperti nasi putih, kentang, roti, dan lain sebagainya. karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi utama. Saat dikonsumsi, tubuh akan mengubah karbohidrat menjadi glukosa sebagai sumber energi.

Namun glukosa yang tidak terpakai bisa menjadi lemak penyebab berat badan. Maka dari itu agar berat badan tidak naik, Anda bisa mengurangi konsumsi karbohidrat. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, ayam, dan ikan untuk mencukupi asupan tubuh. Selain bisa menurunkan berat badan, diet karbohidrat juga bisa mencegah berbagai penyakit lain seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. 

Kurangi Porsi Makan

Resep diet alami tanpa efek samping selanjutnya yaitu dengan mengurangi porsi makan atau asupan kalori. Cara ini cukup efektif untuk menurunkan berat badan secara aman dan cepat. Anda bisa makan sehari 3 kali dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya. Dengan begitu maka bisa membantu mengurangi berat badan tanpa menimbulkan masalah lain. Selain mengurangi porsi makan, sebaiknya Anda juga mengurangi bumbu penyedap agar lebih sehat. 

Hindari Camilan Saat Malam

Salah satu penyebab kenaikan berat badan yaitu memakan camilan saat malam hari. Kebiasaan ini bisa mengganggu metabolisme tubuh, sehingga menyebabkan obesitas. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi buah saat lapar. Dengan begitu maka proses diet yang dijalankan akan membuahkan hasil. 

Atur Pola Makan

Resep diet alami tanpa efek samping selanjutnya yaitu mengatur pola makan. Pola makan yang tidak teratur menjadi penyebab kelebihan berat badan. Maka dari itu bila Anda sedang menjalani program diet, sebaiknya atur pola makan. Anda bisa makan sehari 3 kali dengan jam yang sudah diatur. Selain mengatur pola makan, pastikan juga untuk mengonsumsi makanan yang seimbang dengan porsi dan gizi cukup. Dengan mengatur pola makan, tentu bisa menurunkan berat badan secara cepat.

Batasi Asupan Gula

Membatas Resep diet secara alami selanjutnya yaitu dengan membatasi asupan gula. Konsumsi gula berlebihan bisa menjadi timbunan lemak penyebab obesitas. Maka dari itu sebaiknya hindari makanan yang mengandung gula agar mendapatkan badan ideal. Pastikan untuk tidak mengonsumsi gula lebih dari 4 sendok dalam sehari. Jika Anda pecinta kopi, sebaiknya minumlah kopi tanpa gula agar lebih sehat. Dengan membatasi asupan gula harian, tentu bisa menurunkan berat badan secara cepat. 

Konsumsi Madu dan Jahe

Resep diet alami tanpa efek samping selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi campuran madu dan jahe. Minuman ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Cara membuatnya yaitu dengan memasukkan 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan perasan jahe ke dalam gelas. Setelah itu seduh dengan air panas dan minum saat masih hangat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi minuman ini 2 kali sehari. 

Istirahat Cukup

Resep diet alami tanpa efek samping selanjutnya yaitu istirahat cukup. Istirahat dan tidur cukup sangat diperlukan oleh tubuh, terutama bagi Anda yang menjalani program diet. Hal ini karena istirahat cukup bisa membuat tubuh lebih relaks dan mampu menekan nafsu makan. 

Sedangkan bagi seseorang yang kurang tidur biasanya rentan mengalami obesitas. Hal ini karena kurang tidur bisa meningkatkan produksi hormon dalam tubuh, sehingga membuat Anda mudah merasa lapar. Maka dari itu usahakan untuk istirahat cukup setiap malam agar mendapatkan badan yang sehat dan ideal.

Perbanyak Olahraga

Resep diet secara alami tanpa efek samping selanjutnya yaitu perbanyak olahraga. Rutin berolahraga bisa membakar kalori dalam tubuh, sehingga bisa menurunkan berat badan. Selain itu, rutin berolahraga juga membuat tubuh lebih sehat. Anda bisa melakukan berbagai olahraga ringan untuk menurunkan berat badan. Berbagai olahraga yang bisa dipilih antara lain sit up, cardio, dan yoga. Usahakan untuk berolahraga setiap hari agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.  

Terdapat berbagai resep diet alami tanpa efek samping, mulai dari mengonsumsi teh hijau hingga olahraga teratur. Meski hasilnya tidak cepat seperti mengonsumsi pil pelangsing, namun diet dengan cara alami tentu lebih aman dan mudah. Selain itu, diet menggunakan cara alami juga bisa membuat tubuh lebih sehat.

About admin

Check Also

diet golongan darah B

Diet Golongan Darah B, Apa dan Bagaimana 5 Penerapannya Agar Berhasil Menurunkan Berat Badan?

Diet Golongan Darah B, Apa dan Bagaimana 5 Penerapannya Agar Berhasil Menurunkan Berat Badan? –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *