Sedang Diet Golongan Darah B? Simak 9 Anjuran dan Pantangan Makan

Sedang Diet Golongan Darah B? Simak 9 Anjuran dan Pantangan Makan – Saat ini banyak berkembang cara diet yang diklaim dapat menurunkan berat badan secara efektif. Salah satunya adalah dengan melakukan diet golongan darah. Pada prinsipnya, diet ini menghubungkan antara golongan darah dan jenis makanan yang boleh dan tidak untuk dikonsumsi.

Pencetus dari diet ini adalah Dr. Peter D’adamo. Begitu banyak yang meyakini efektivitas diet ini, sehingga pada tahun 1996 menjadi populer dan banyak dipraktikkan. Pola makan yang disesuaikan dengan golongan darah ini membantu memaksimalkan laju pembakaran lemak dan meningkatkan fungsi pencernaan. Hal ini dapat menurunkan badan secara efektif tanpa mengganggu kondisi tubuh secara keseluruhan.

diet golongan darah B
diet golongan darah B

Anjuran Makanan dan Pantangan Dalam Diet Golongan Darah B

Pada dasarnya, diet ini menyesuaikan jenis makanan yang dikonsumsi dengan golongan darah yang dimiliki. Misalnya pada golongan darah B, yang lebih toleran terhadap berbagai jenis makanan. Meskipun demikian, ada juga beberapa makanan yang sebaiknya dihindari, agar tidak terjadi gangguan pencernaan. Berikut adalah anjuran makanan dan pantangan diet golongan darah B.

1. Buah-buahan

Ada beberapa jenis buah- buahan  yang sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki golongan darah B. di antaranya adalah pisang, cranberry, anggur, semangka, nanas, dan pepaya. Buah-buahan ini dapat mendukung proses metabolisme, memiliki manfaat bagi jantung, dan relatif tidak memicu perubahan kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu, buah-buahan tersebut dapat membantu orang dengan golongan darah B dalam melaksanakan dietnya.

Namun, buah alpukat, kesemek, delima, belimbing, dan kelapa, adalah jenis buah yang harus dihindari oleh orang yang melakukan diet golongan darah B. Pada kelapa, sebaiknya hindari keseluruhan bagian buah, meliputi daging kelapa, santan, dan air kelapa. Buah-buahan yang harus dihindari ini memiliki efek yang dapat mengganggu sistem pencernaan pada golongan darah B.

2. Daging

Pada kelompok daging, jenis daging yang disarankan bagi orang yang memiliki golongan darah B adalah daging kambing, domba, dan kelinci. Jenis daging ini dianggap bermanfaat dan tidak memiliki efek buruk bagi tubuh. Selain itu, ada jenis daging yang ada pada posisi netral, yaitu jika dikonsumsi tidak akan membawa efek apapun bagi tubuh. Contohnya adalah daging sapi dan daging kalkun.

Adapun unggas jenis ayam dan bebek adalah makanan pantanganpada diet golongan darah B. Sebab, kedua jenis unggas ini, walaupun memiliki kandungan lemak yang cukup rendah, namun kandungan lektin yang dimilikinya dapat membahayakan tubuh. Lektin adalah sejenis protein yang dapat mengakibatkan darah menjadi menggumpal dan menyumbat alirannya pada pembuluh, sehingga berisiko mengakibatkan stroke.

4. Sayur-Sayuran

Pada golongan sayur, ada beberapa jenis sayur yang sangat dianjurkan dikonsumsi. Di antaranya adalah Brokoli, kubis brussel, kol, kembang kol, worte, terong, dan paprika. Mengonsumsinya dalam takaran yang tidak berlebihan akan membantu dalam menyukseskan program diet yang dijalani orang bergolongan darah B. Pada kelompok sayuran yang netral dikonsumsi, ada asparagus, seledri, timun, dan bok choy.

Namun, sebaiknya menghindari konsumsi Jagung, lobak, labu, zaitun, artichoke, dan tomat. Semua jenis sayuran tersebut disebut-sebut sebagai jenis makanan yang dapat membahayakan. Jadi, jika sedang melakukan diet golongan darah B, sebaiknya hindari memakan jenis sayuran tersebut, agar sistem pencernaan tidak terganggu.

5. Seafood

Memiliki golongan darah B, tetapi suka mengonsumsi seafood? Sebaiknya selektif dalam memilih jenisnya. Sebab, kepiting, lobster, tiram, udang, dan ikan teri akan sangat berbahaya jika dikonsumsi. Sebagai gantinya, konsumsi ikan kod, sarden, makarel, dan salmon sangat baik dan disarankan bagi golongan darah B. Adapun jenis yang netral dikonsumsi adalah ikan trout, ikan haring, dan cumi.

6. Susu dan Produk Turunannya

Saat melakukan diet golongan darah B, konsumsi susu, terutama susu kambing sangat dianjurkan. Akan tetapi, sebaiknya berhati-hatilah dalam memilih produk turunannya yang berupa keju dan es krim. Sebab, keduanya dapat berakibat buruk bagi pencernaan dan memicu naiknya berat badan. Hal ini akan membuat diet menjadi gagal dan berat badan ideal tidak dapat diraih.

7. Diet Golongan Darah B Membolehkan Makan Nasi

Banyak orang Indonesia yang memiliki anggapan bahwa jika belum mengonsumsi nasi, maka belum dianggap makan, melainkan ngemil. Inilah yang membuat banyak orang gagal mengurangi asupan karbohidrat dalam bentuk nasi pada saat diet. Mengurangi nasi seolah menjadi tantangan berat bagi orang-orang yang melakukan diet karbohidrat. Padahal, jumlah karbohidrat yang berlebih dapat memicu kegemukan.

Akan tetapi, tantangan ini tidak dialami oleh orang yang melakukan diet golongan darah B. Nasi justru membuat orang- orang yang memiliki golongan darah B menjadi lebih segar dan fit. Namun, konsumsi nasi ini tetap harus sesuai dengan porsi yang dianjurkan, agar tidak terjadi kelebihan karbohidrat dalam tubuh. Jika ingin menghindari nasi, mengonsumsi oatmeal dengan tambahan buah pisang juga bisa menjadi alternatif.

8. Jangan Melupakan Olahraga Saat Diet Golongan Darah B

Pada dasarnya, setiap golongan darah memiliki reaksi yang berbeda terhadap makanan yang dikonsumsi dan olahraga yang dilakukan. Untuk itu, dalam melengkapi diet dengan berolahraga pun harus dipilih yang sesuai agar dicapai bentuk tubuh yang ideal. Begitu juga pada golongan darah B. Selain mengonsumsi makanan yang tepat, jenis olahraga yang dipilih sebaiknya adalah jenis yang banyak menggunakan olah napas.

Golongan darah B memiliki risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Oleh sebab itu,  orang-orang yang melakukan diet golongan darah B, dianjurkan memilih olah raga kardio seperti aerobik, senam, tenis, treadmill, dan sepeda statis. Namun, olahraga kelompok lebih disarankan. Sebab, dalam kelompok, akan tercipta suasana senang dan saling menyemangati. Hal ini dapat meredakan stres yang dialami.

9. Atur Pola Diet Golongan Darah B Agar Menyenangkan

Orang-orang dengan golongan darah B memiliki sifat ramah, optimis, dan menyukai kebebasan. Pada dasarnya mereka ini tergolong orang yang sangat menyenangkan. Inilah yang membuat mereka sangat menikmati saat berada dalam kelompok. Jadi olahraga yang disarankan pun merupakan jenis olahraga kelompok yang cukup menyenangkan.

Akan tetapi, orang bergolongan darah B umumnya suka melakukan apapun dengan caranya sendiri. Jadi, jika ingin diet golongan darah B sukses dilakukan, sebaiknya dibuat pola yang tidak terlalu ketat. Susun pola makan dengan Mengurangi jumlahnya secara bertahap. Hindari melakukan diet ketat secara drastis yang dapat membuat tertekan. Hal ini justru akan membuat keinginan untuk melanggar aturan diet muncul.

Simak juga artikel lainnya disini.

Dalam melakukan diet, sebaiknya kurangi porsi makan secara bertahap dan menambah frekuensi waktu makan. selingi jeda antara waktu makan utama dengan mengonsumsi buah yang dianjurkan bagi golongan darah B. hal ini bertujuan agar saat tiba jam makan utama nafsu makan tidak terlalu besar, sehingga dapat makan dengan porsi kecil saja.

Demikianlah pedoman makanan yang disarankan dan pantangan dalam diet golongan darah B. Namun, sebelum melakukan diet, cari tahu terlebih dahulu kondisi tubuh masing-masing. Sebab, selain disesuaikan dengan golongan darah, perlu disesuaikan juga dengan kondisi tubuh, misalnya penyakit yang diderita.

Originally posted 2020-10-05 10:33:00.

About admin

Check Also

menu diet sarapan pagi

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *