Kenali Seluk Beluk 8 Menu Diet Golongan Darah B yang Sangat Efektif Menurunkan Berat Badan

Kenali Seluk Beluk 8 Menu Diet Golongan Darah B yang Sangat Efektif Menurunkan Berat Badan. Ada pepatah yang mengatakan, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk itu, semua berlomba-lomba menjalani aktifitas yang membuat tubuh sehat. Setiap orang memiliki pemikiran sendiri agar tubuhnya sehat. Seperti halnya perbedaan golongan darah. Setiap golongam darah memiliki tipe untuk menjalani hidup sehat.

Ada empat macam golongan darah. Ada A, B, AB, dan O. Ada penelitian yang mengatakan bahwa keempat golongan darah memiliki masalah kesehatan berbeda sekaligus cara diet yang berbeda. Namun yang akan dibahas adalah cara sehat diet untuk golongan darah B. Dan salah satunya adalah menu yang harus dimakan ketika mereka akan diet. Sebelum beranjak membahas menunya, ada baiknya membahas karakteristik golongan darab B.

diet golongan darah B
diet golongan darah B

Karakter Untuk Diet Golongan Darah B

Setiap golongan darah memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Begitu pula dengan golongan darah B. Darah B memiliki kemampuan adaptasi wilayah dan iklim yang sangat baik. Kemampuan mereka yang adaptif tercermin dalam karakteristik golongan darah B yang fleksibel dan terbuka. Apapun makanan yang disediakan oleh alam dapat dikonsumsi. Sehingga menu diet golongan darah B lebih enak dan lezat dibandingkan golongan darah lainnya.

Golongan darah B tidak mudah sakit dan terserang alergi. Tetapi golongan darah B lemah dalam menyeimbangkan antara konsumsi makanan nabati dan hewani dengan takaran yang tepat. Keadaan ini mengakibatkan mereka rentan dengan penyakit diabetes dan gangguan imun. Oleh karena itu, ada beberapa menu yang bisa dimasukkan dalam menu diet mereka.

Menu Diet Golongan Darah B

Diet berdasarkan golongan darah memang banyak peminatnya. Di antara semuanya, golongan darah B memiliki menu yang cukup fleksibel. Tidak perlu menghindari makanan yang lezat. Supaya lebih jelas, berikut beberapa menu untuk diet golongan darah B.

1. Ikan salmon

Ikan salmon termasuk salah satu ikan yang dikenal dengan minyak ikannya. Ikan ini cukup populer, kaya nutrisi, dan tentu saja rasanya lezat. Dan golongan darah B bisa memasukkan ikan salmon ke dalam menu dietnya. Cukup dengan melumuri ikan salmon dengan perasan lemon, garam, dan merica. Panggang di atas teflon. Sajikan dengan sayur salad atau sayuran lainnya sesuai selera.

2. Daging sapi

Tidak seperti menu diet golongan darah lainnya. Menu diet golongan darah B tidak perlu menghindari daging sapi. Bahkan daging sapi wajib dimasukkan dalam menu sehari-hari. Sangat tepat untuk orang-orang aktif. Tapi harus mengurangi porsi daging ayam. Konsumsi secukupnya, jika berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan.

3. Oatmeal

Menu selanjutnya adalah oatmeal. Golongan darah B memerlukan serat yang cukup, oleh karena oatmeal bisa dijadikan menu sehari-hari untuk sarapan. Bisa ditambahkan beberapa buah atau ditambahkan susu agar lebih lezat dan sehat.

4. Susu kambing

Ada beberapa jenis susu yang baik dikonsumsi. Ada susu sapi, susu kambing, dan susu kedelai. Ketiganya memiliki kandungan berbeda. Tapi tak banyak yang menyukai susu kambing. Padahal rasanya tidak kalah lezat dengan susu sapi. Di dalamnya bisa ditemukan kandungan protein dan asam lemak yang cukup banyak.  Dan susu kambing termasuk salah satu menu diet golongan darah B.

5. Yogurt

Golongan darah B sering memiliki masalah yang berkaitan dengan lambung. Untuk mengimbangi masalah tersebut, yogurtdijadikan menu tambahan diet untuk golongan darah B. Selain sehat untuk tubuh ,yogurt juga baik untuk menutrisi kulit.

6. Buah-buahan

Tidak semua buah cocok dimasukkan untuk menu diet golongan darah B. Ada beberapa jenis buah yang bisa dimasukkan dalam menu diet sehat. Misalnya buah anggur, nanas, dan pepaya. Buah anggur memiliki kandungan vitamin, serat, dan zat besi yang tinggi. Buah nanas segar bisa dikonsumsi untuk diet bagi orang golongan darah B. Selain keduanya, ada Pepaya yang memiliki kandungan folat dan beta karoten yang baik untuk tubuh.

7. Nasi

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, tidak akan kenyang jika belum makan nasi. Dan kabar baiknya, Ternyata nasi bisa dimasukkan ke dalam menu sehat untuk golongan darah B. Tapi tetap dijaga porsinya. Padukan nasi dengan beberapa sayur dan daging dalam menu sehat golongan darah B.

8. Bayam

Yang terakhir untuk menu diet golongan darah B adalah makan sayur.  Salah satunya adalah sayur bayam. Bayam memiliki kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, magnesium, asam folat, dan sebagainya, yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bayam bisa diolah menjadi beberapa masakan, misalnya sayur bening dan tumisan.

Bagi pemilik darah golongan B, pasti senang dengan menu di atas. Karena jenis makanannya termasuk lezat. Golongan darah B tidak memiliki pantangan untuk memakan apapun, asalkan sesuai dengan porsinya. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam melaksanakan diet. Perlu diseimbangkan dengan berolahraga.

Jenis Olahraga Untuk Diet Golongan Darah B

Ada berbagai macam jenis olahraga, tetapi olahraga napas paling cocok digunakan untuk diet golongan darah B. Dengan latihan olah napas merupakan jenis latihan yang baik untuk meredam stres yang sering dialami golongan darah B. Olahraga berkelompok cocok bagi pemilik darah B. Selain menyehatkan, olahraga yang dilakukan bersama-sama mampu menyeimbangkan tubuh dan pikiran. 

Untuk itu, olahraga yang disarankan adalah olahraga yang bisa mengelola dan menghindari stres serta situasi yang penuh tekanan. Adapun olahraga yang bisa dilakukan adalah yoga, senam aerobik, dan lain sebagainya. Pastikan mempunyai waktu tidur yang cukup. Rekomendasi gaya hidup di atas penting untuk mendukung kesuksesan diet berdasarkan golongan darah B.

Catatan Diet Golongan Darah B

1. Diet yang berdasarkan golongan darah, sebaiknya perlu diwaspadai jika diterapkan pada orang yang memiliki penyakit tertentu. Seperti diet golongan darah B tidak bisa dilakukan jika terkena penyakit diabetes atau gangguan imun. Yang terjadi bukanlah sehat, tapi bisa memperparah penyakit yang diderita.

2. Perlu diluruskan pula, bahwa menu yang tidak ada dalam diet untuk golongan darah B. Bukan berarti tidak boleh dikonsumsi sama sekali. Memiliki menu berbeda setiap hari bisa dilakukan asalkan tidak berlebihan. Selain itu, bisa mengurangi kebosanan makan sehari-hari.

Perhatikan artikel lain disini.

3. Meskipun rekomendasi diet golongan darah B menarik, tapi sebagian ahli gizi tidak merekomendasikan cara ini. Selain itu, penerapannya tidak ada pengukuran kalori dan lemak. Serta pilihan makanannya terbatas. Upaya penurunan berat badan sebaiknya  fokus pada kebiasaan makan dan olahraga.

4. Tidak semua diet berdasarkan golongan darah akan berhasil. Ada beberapa orang yang bahkan berhasil dengan teknik lain, misalnya mengurangi makanan junkfood dan makanan tinggi gula. Buatlah daftar teknik diet lain jika diet berdasarkan golongan darah gagal.

Itulah penjelasan tentang diet golongan darah B yang sehat. Tipe makanan diet untuk golongan darah B dikatakan paling fleksibel di antara golongan darah lainnya. Karena makanannya masih tergolong lezat. Tapi perlu diingat, ada beberapa makanan yang tidak disarankan untuk dimakan. Boleh dimakan, asalkan tidak melebihi porsi yang disarankan. Selamat mencoba.

About admin

Check Also

susu protein untuk diet

Ampuh Mengurangi Berat Badan dengan Menggunakan Susu Protein Untuk Diet

Ampuh Mengurangi Berat Badan dengan Menggunakan Susu Protein Untuk Diet kata protein whey protein memang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *