3 Panduan Senam Aerobik Menurunkan Berat Badan yang Benar

DietSehat – Senam aerobik menurunkan berat badan dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Ya, berat badan ideal menjadi dambaan bagi semua orang terutama para wanita. Tidak heran beragam cara rela dilakukan untuk mendapatkannya. Mulai dari melakukan diet, mengkonsumsi obat pelangsing hingga memilih untuk membentuk tubuh dengan jalan olah raga.

Sejak dahulu olah raga dipercaya dapat membantu untuk menurunkan berat badan.hal ini karena olahraga dapat mengoptimalkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh. Salah satu jenis olahraga yang dapat Anda coba adalah senam aerobik menurunkan berat badan dengan cepat. Mau tahu ulasan lengkapnya? Simak pembahasannya berikut ini!

Senam aerobik menurunkan berat badan

Inilah Cara Gerakan Senam Aerobik Menurunkan Berat Badan

Ada 3 tahapan yang harus Anda lakukan sebelum melakukan senam aerobik menurunkan berat badan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1.Pemanasan

Pemanasan wajib dilakukan untuk menghindari cidera saat melakukan gerakan senam aerobik menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. Gerakan pemanasan ini berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung Anda. Selain itu, ini juga bertujuan untuk mempersiapkan otot-otot serta persendian.

Beberapa gerakan pemanasan yang dapat dilakukan yaitu jalan ditempat, dan melangkah dari sisi ke sisi. Di samping itu Anda juga dapat menggerakan lengan pada tingkat pinggang atau lebih tinggi. Lakukan gerakan pemanasan ini selama sekitar 5-10 menit. Tubuh Anda akan siap melakukan latihan inti yang memiliki intensitas lebih tinggi.

2.Latihan Inti

Gerakan senam aerobik untuk menurunkan berat badan berikutnya yaitu dengan melakukan gerakan inti. Anda dapat melakukan gerakan ini selama sekitar 25-55 menit beberapa jenis gerakan senam aerobik yang dapat Anda coba adalah marching atau gerakan jalan ditempat dengan mengangkat kaki setinggi betis, dan lutut ditekuk 90 derajat.

Selanjutnya Anda dapat melakukan jogging. Jogging adalah menggerakan atau menekukan kaki ke arah belakang dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah menggunakan persendian engkel dan lutut. Gerakan senam aerobik menurunkan berat badan dan perut buncit selanjutnya adalah dengan melakukan kicking.

Gerakan ini adalah mengayunkan tungkai ke depan atau kesamping dalam keadaan lurus setinggi pinggang atau lebih. Lalu ada gerakan gerakan senam aerobik menurunkan berat badan yang disebut single step. Ini merupakan gerakan kaki yang melangkah ke kanan atau ke kiri. Gerakan terakhirnya akan menyentuh bola kaki sementara lutut tumpu agak ditekuk. Kedua lutut dalam keadaan merapat dan menghadap ke depan.

Gerakan selanjutnya yaitu bouble step.gerakan ini dapat dilakukan dengan melangkah 2 langkah ke kanan atau ke kiri dengan gerakan terakhir merapatkan kaki dengan menyentuhkan bola kaki, posisisi lutut agak ke deopan dan lutut kaki tumpu agak ditekuk. Berikutnya ada gerakan senam aerobik menurunkan berat badan yang disebut gripevire.

Gerakan ini adalah dengan melangkah 2 langkah ke kanan dan ke kiri seperti double step namun dengan menyilangkan kaki ke belakang. Gerakan selanjutnya adalah leg curl atau gerakan menekuk kaki ke arah belakang. Lalu ada gerakan inti terakhir dari senam aerobik menurunkan berat badan yaitu heel touch. Ini adalah gerakan menyentuhkan tumit kaki ke kanan, ke kiri atau ke depan. Lutut tumpu harus sedikit ditekuk dan berat badan berada pada kaki tumpu.

3.Pendinginan

Setelah latihan inti yang merupakan bagian dari senam aerobik menurunkan berat badan untuk pemula selesai dilakukan.maka step selanjutnya yaitu melakukan gerakan pendinginan. Gerakan yang satu ini akan membantu untuk mengembalikan frekuensi detak jantung mendekati normal secara perlahan. Seperti gerakan pemanasan Anda dapat melakukan gerakan pendinginan selama kurang lebih 5-10 menit.

Tips Agar Rajin Senam Aerobik Untuk Menurunkan Berat Badan

Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang menyenangkan karena dapat Anda lakukan bersama teman atau sahabat. Apalagi music senam juga akan membuat Anda semakin bersemangat . Namun, di sisi lain, terkadang datang ke komunitas yang baru juga tidak mudah. Ini berpeluang membuat Anda malas melakukannya lagi. Nah, Anda dapat mengatasi rasa malas tersebut dengan tips berikut.

1. Masuk Ke Kelas Aerobik Pemula

Trik ini akan membantu tubuh Anda untuk mengenali dan menyesuaikan dengan aktivitas senam aerobik yang baru Anda jalani. Jika Anda bergabung dengan kelas yang profesional Anda akan kesulitan mengikuti gerakan dengan sempurna. Kelas pemula umumnya memiliki gerakan yang lebih mudah diikuti.

2. Tidak Segan Menjalin Pertemanan

Agar Anda selalu bersemangat melakukan senam aerobik langkah yang paling tepat adalah dengan mencoba untuk berteman dengan semua orang. Ini sangat baik untuk meningkatkan rasa percaya diri dan Anda pun dapat menunjukan antusiasme untuk aktif melakukan senam aerobik. Ini mungkin tidak mudah tapi layak untuk dicoba

3. Berteman Dengan Instruktur

Pada dasarnya instruktur senam memiliki batasannya tersendiri sehingga menganggap Anda sebagai murid. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk berteman dengan instruktur. Sehingga Anda pun dapat berkonsultasi dengan bebas mengenai gerakan senam yang belum mampu Anda kuasai.

4. Menjaga Gerakan Tetap Aktif

Gerakan senam aerobik menurunkan berat badan untuk pemula memang tidak mudah. Namun Anda harus tetap aktif bergerak dengan mengikuti arahan instruktur atau melihat gerakan pelatih di cermin. Biasanya ini akan membuat tubuh Anda menjadi terbiasa dengan gerakan yang rumit hingga akhirnya Anda pun bisa menguasainya dengan baik.

Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, senam aerobik juga memiliki beberapa manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah dapat menjaga kesehatan jantung menurunkan kadar gula darah, dan menurunkan tekanan darah. Selain itu senam aerobik juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Senam aerobik bahkan dapat mengurangi depresi dengan meningkatkan energi dan suasana hati sekaligus melenturkan badan dan membentuk otot. Sedangkan senam aerobik menurunkan berat badan sendiri disarankan dilakukan dengan rutin minimal 3 kali per minggu. Aerobik dapat membakar sekitar 498 kalori per 1 jam sesi senam. Jangan lupa untuk mengoptimalkannya dengan menjalani diet sehat dan seimbang.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Senam Aerobik

Senam sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang menggabungkan gerakan dengan melibatkan kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerakan yang teratur. Salah satu jenis senam yang terkenal dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif yaitu aerobik. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan senam aerobik menurunkan berat badan, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Misalnya seperti kondisi medis Anda.

Hal ini dikarenakan aerobik merupakan olahraga yang membutuhkan energi tinggi. Sebaiknya Anda tidak melakukan olahraga ini jika Anda adalah penderita gangguan tulang belakang, lutut dan menderita radang sendi. Selain senam jangan lupa untuk mengkonsumsi banyak air putih agar Anda terhindar dari dehidrasi.

Nah, bagaimana? Gerakan senam aerobik menurunkan berat badan itu mudah kan? Yuk coba sendiri gerakan senam aerobik ini di rumah. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Dengan demikian Anda akan mendapatkan tubuh yang bugar dan berat badan ideal yang diidamkan.

Originally posted 2020-11-13 12:46:19.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *