Simak 5 Cara Enak Diet Sehat Anti Lapar, Kamu Bisa Makan Sesukanya!

Simak 5 Cara Enak Diet Sehat Anti Lapar, Kamu Bisa Makan Sesukanya! – Banyak orang melakukan diet dengan cara makan dengan porsi yang sangat sedikit. Bahkan ada yang rela menahan lapar dengan tidak makan seharian untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Melakukan diet dengan membiarkan perut kelaparan bukanlah cara yang tepat karena sangat menyiksa dan sulit untuk dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Cepat atau lambat, Anda pasti akan menyerah dengan rasa lapar dan akhirnya akan melakukan aksi balas dendam dengan makan secara berlebihan. Apabila Anda ingin melakukan diet tanpa menahan lapar namun efektif untuk menurunkan berat badan, silahkan simak ulasan berikut ini.

cara enak diet sehat anti lapar
cara enak diet sehat anti lapar

Cara Enak Diet Sehat Anti Lapar, Mengonsumsi Makanan yang Mengenyangkan

Saat melakukan diet, sangat wajar apabila timbul rasa lapar karena perut menerima asupan makanan dengan jumlah yang lebih sedikit dari porsi yang biasa dimakan. Salah satu tantangan terberat dari melaksanakan diet adalah sulitnya mengendalikan rasa lapar. Oleh karena itu dalam cara enak diet sehat anti lapar Anda harus mengonsumsi makanan sehat yang mengenyangkan.

Mengonsumsi Protein

Makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging, telur, dan kacang-kacangan sangat bagus untuk program diet. Protein dapat membatasi keinginan makan dengan memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Mengonsumsi makanan berprotein dalam jumlah banyak dapat memberi efek rasa kenyang yang lebih lama sehingga Anda terhindar dari keinginan untuk makan secara berlebihan.

Mengonsumsi Serat

Makanan yang mengandung serat seperti sayur, buah, dan biji-bijian utuh sangat baik untuk menjalankan cara enak diet sehat anti lapar. Mengonsumsi banyak serat dapat membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama tanpa menambah kalori. Serat mengisi ruang yang ada di lambung dan menyebabkan reseptor otak berpikir perut sudah kenyang. Serat juga dapat memperlambat kerja pencernaan sehingga memberi rasa kenyang yang lebih lama.

Cara Enak Diet Sehat Anti Lapar, Mengurangi Konsumsi Kalori

Tubuh membutuhkan kalori untuk asupan energi saat melakukan aktivitasnya. Jumlah kebutuhan kalori setiap orang berbeda sesuai dengan umur, jenis kelamin, dan aktivitasnya. Apabila seseorang mengonsumsi kalori dalam jumlah yang melebihi batas, maka tubuh akan menyimpan kelebihan kalori tersebut menjadi timbunan lemak.

Minuman buatan seperti soda, jus kemasan, dan sirup mengandung pemanis dengan jumlah kalori yang tinggi. Demikian juga halnya dengan minuman kemasan yang mengandung susu. Gantilah minuman ini dengan jus buah tanpa tambahan gula yang memiliki rasa manis alami dari buah-buahan. Anda juga dapat mengonsumsi air putih sebagai ganti minuman manis dalam cara enak diet sehat anti lapar.

Minum air putih dengan jumlah yang cukup sangat baik untuk tubuh. Air putih dapat menghidrasi tubuh, menjaga aliran darah di dalam tubuh tetap lancar sehingga nutrisi dapat didistribusikan ke seluruh tubuh. Minumlah minimal 2 liter sehari untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Jumlah ini harus ditambah apabila Anda melakukan aktivtas fisik yang mengeluarkan banyak keringat.

Cara Enak Diet Sehat Anti Lapar, Mengatur Porsi dan Cara Makan

Porsi makan yang Anda ambil akan menentukan berapa banyak makanan yang masuk ke dalam perut Anda. Agar terhindar dari makan yang berlebihan sehingga mengakibatkan kenaikan berat badan, maka Anda harus mengatur porsi dan cara makan saat menjalankan cara enak diet sehat anti lapar. Berikut beberapa tips yang bisa dijelaskan:

Gunakan Piring Kecil untuk Makanan Tidak Sehat

Alih-alih menggunakan piring yang besar untuk makan, gunakanlah piring yang lebih kecil. Mengunakan piring yang kecil dapat membantu Anda makan lebih sedikit karena membuat porsi makan yang diambil tampak lebih banyak. Sebaliknya, piring yang besar akan membuat porsi makan tampak sedikit sehingga Anda akan terus menambahkan porsinya. Oleh karena itu gunakan piring kecil untuk makanan tidak sehat, dan piring besar untuk makanan sehat.

Mengunyah Makanan Lebih Lama

Cara enak diet sehat anti lapar menganjurkan Anda untuk mengunyah makanan lebih lama. mengunyah lebih lama akan membuat kegiatan makan akan menjadi lebih lama.  Mengunyah dengan waktu yang lama akan memberi kesempatan otak untuk menyadari jumlah makanan yang dikonsumsi. Otak memberi sinyal rasa kenyang ke perut dan menyuruh untuk berhenti makan, dengan begitu Anda tidak akan mengalami kelebihan porsi makan.

Biasakan Minum Air Putih Sebelum Makan

Membiasakan diri untuk minum air putih minimal setengah jam sebelum makan dapat mengurangi porsi makan Anda. Minum air putih sebelum makan akan membuat perut merasa kenyang sehingga porsi yang diambil menjadi lebih sedikit. Sesekali minum air putih saat mengunyah makanan. Hal ini juga membantu Anda agar merasa kenyang lebih cepat sehingga porsi makan akan berkurang.

Hindari Gangguan Saat Makan

Jangan barengi aktivitas makan dengan kegiatan lain seperti menonton atau bermain gim. Hal ini dapat mengganggu cara enak diet sehat anti lapar yang sedang Anda jalani. Orang yang mengalami gangguan saat makan akan melupakan jumlah makanan yang sudah masuk ke dalam tubuhnya sehingga berpotensi untuk menambah porsi makannya. Fokuslah pada makanan yang ada di depan Anda dan nikmati dengan mengunyahnya pelan-pelan.

Hindari Gangguan Saat Makan

Jangan barengi aktivitas makan dengan kegiatan lain seperti menonton atau bermain gim. Hal ini dapat mengganggu diet sehat yang sedang Anda jalani. Orang yang mengalami gangguan saat makan akan melupakan jumlah makanan yang sudah masuk ke dalam tubuhnya sehingga berpotensi untuk menambah porsi makannya. Fokus dan nikmati makanan yang ada di depan Anda.

Cara Enak Diet Sehat Anti Lapar, Mengemil

Anda tetap diperbolehkan mengemil saat melakukan cara enak diet sehat anti lapar. Bila biasana Anda mengonsumsi keripik kentang, crackers, atau biskuit sebagai cemilan, maka gantilah menu Anda dengan cemilan sehat. Anda bisa memakan buah-buahan saat mulai merasa lapar. Pilihlah buah dalam bentuk potongan daripada jus buah.

Buah potong membutuhkan waktu untuk mengunyahnya. Hal ini akan memberikan sensasi kenyang yang lebih cepat. Buah juga mengandung banyak air yang mengenyangkan dan menyegarkan. Serat yang dikandungnya membuat anda kenyang lebih lama. Selain buah, Anda bisa mengganti biskuit dengan kacang-kacangan. Pilihlah kacang yang masih berkulit dan memerlukan waktu untuk mengupasnya agar Anda tidak makan dengan terburu-buru.

Perhatikan artikel lain disini.

Cara Enak Diet Sehat Anti Lapar, Tidak Lupa Sarapan

Jangan karena alasan sedang menjalani diet, maka Anda memutuskan untuk tidak sarapan. Sarapan penting untuk memberi asupan tenaga. Tidak melakukan kegiatan sarapan akan menyebabkan perut merasa lapar sebelum jam makan. Hal ini bisa mengakibatkan meningkatnya aktivitas ngemil di luar jam makan. Cara enak diet sehat anti lapar menganjurkan Anda agar melakukan sarapan dengan rutin untuk asupan energi.

Pilihlah makanan dengan protein tinggi sebagai menu sarapan Anda. Sebutir telur dengan sayur dan buah-buahan cukup untuk mengisi energi di pagi hari. Anda juga dapat mengombinasikan buah dengan oatmeal, atau sayuran dengan dada ayam tanpa kulit. Tuna yang dipanggang tanpa minyak dengan perasan jeruk lemon juga bisa menjadi pilihan.

Demikianlah ulasan mengenai cara enak diet sehat anti lapar yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Jangan lupa untuk membarenginya dengan aktivitas olahraga yang teratur dan tidur yang cukup.  Semoga artikel ini bermanfaat

Originally posted 2020-10-07 09:35:48.

Tinggalkan komentar