10 Tips Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman Dilakukan, Wajib Baca!

Diet Sehat – Bagaimana tips diet sehat ibu menyusui yang aman untuk Ibu maupun si kecil? Pada masa kehamilan, secara tidak langsung Anda akan mengalami kenaikan berat badan secara cepat. Berbagai makanan yang mengandung kalori tinggi Anda konsumsi demi mencukupi kebutuhan gizi si kecil, sehingga ketika selesai melahirkan, Anda akan berusaha melakukan berbagai macam cara diet.

Membaca berbagai tips diet seringkali membuat Anda bersemangat. Namun, ketika diterapkan seringkali Anda lalai dan melakukan prosedur secara berlebihan seperti mengurangi konsumsi karbohidrat secara drastis. Hal ini tentu mempengaruhi produksi dan kualitas ASI. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara yang aman dilakukan ibu menyusui untuk mengurangi berat badan.

tips diet sehat ibu menyusui

Tips Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman

Jika Anda sedang di fase menjadi ibu menyusui, tidak perlu risau akan bentuk badan yang semakin melebar. Karena menyusui pun bisa menjadi diet. Namun, selain itu, beberapa tips berikut ini juga bisa menjadi salah satu cara agar diet aman.

1. Mengonsumsi Berbagai Makanan Pilihan

Untuk mengurangi berat badan secara signifikan, Anda harus betul-betul memperhatikan apa saja yang Anda konsumsi. Kebiasaan ketika hamil, yakni mengonsumsi makanan secara berlebihan di waktu yang tak tentu membuat lemak di tubuh Anda mengalami penumpukan. Hal inilah yang membuat Anda tetap gemuk bahkan setelah melahirkan.

Salah satu tips aman diet sehat ibu menyusui adalah mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan protein, vitamin, maupun mineral. Sebaliknya, Anda wajib mengurangi berbagai makanan yang mengandung lemak dan juga karbohidrat dalam jumlah besar. Baca juga 10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami, Mudah Turun 10 kg.

2. Porsi Makanan

Selanjutnya, tips diet sehat ibu menyusui dapat dimulai dengan mengatur porsi makan Anda. Setelah berbagai menu pilihan Anda persiapkan, jangan lupa untuk memastikan bahwa porsi makanan Anda tidak berlebihan. Anda mungkin seringkali kebingungan untuk menentukan porsi makan bagaimana yang cocok dan tidak berlebihanĀ  bagi ibu hamil?

Pertama, pastikan komposisi makanan Anda didominasi oleh sayuran dan buah-buahan sebanyak setengah dari porsi makan. Kedua, seperempat porsi makan diisi oleh protein yang bisa Anda dapat dari daging ayam rebus. Terakhir, seperempat prsi sisanya digunakan untuk karbohidrat.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Untuk melakukan diet sehat ibu menyusui yang aman, mulailah memperbanyak konsumsi air putih. Pastikan Anda memenuhi kecukupan cairan bagi tubuh, jangan sampai membuat tubuh mengalami dehidrasi. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena berpengaruh cukup besar terhadap pola makan Anda nantinya.

4. Menetapkan Jadwal Makan Ibu Menyusui

Terdengar sepele tapi penting, membuat jadwal makan sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan waktu menyusui. Pastikan Anda mengatur jadwal menyusui sesuai dengan ritme kebutuhan si kecil. Namun, jangan sampai aktivitas menyusui membuat Anda lupa pada waktu makan, karena dapat berpengaruh terhadap kualitas ASI.

Dengan menentukan jadwal makan diet sehat ibu menyusui secara teratur, Anda akan punya waktu makan yang juga rutin sehingga kandungan nutrisi di dalam ASI pun dapat terpenuhi dengan baik. Mau info kecantikan dan fashion masa kini? simak disini!

5. Menghindari Kafein Dan Alkohol

Konsumsi minuman alkohol tidak disarankan bagi siapapun, apalagi bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat ibu menyusui. Selain alkohol, Anda juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kafein. Mengapa? Selain berpengaruh pada kandungan ASI, kafein dapat memberikan efek samping lain seperti asam lambung.

Konsumsi kafein yang berlebihan juga dapat mempengaruhi pola makan Anda, terlebih bagi Anda yang baru saja melahirkan dan terpaksa punya jadwal makan yang semakin tidak menentu. Godaan makan malam pun akan lebih sering Anda rasakan ketika mengonsumsi kafein.

6. Berolahraga

Tips diet sehat ibu menyusui yang aman dan tak kalah berkhasiat adalah rutin melakukan olahraga. Namun, pastikan olahraga yang Anda lakukan tidak akan mengganggu jalannya aktivitas Anda terutama dalam memberikan ASI, karena terdapat beberapa jenis olahraga yang sempat dianggap menghambat kegiatan pemberian ASI.

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan kegiatan olahraga ini ke dalam jadwal makan diet ibu menyusui, dengan tujuan antara kegiatan makan, menyusui, dan olahraga dapat dilakukan dengan porsi waktu yang seimbang. Info cantik sehat dan fashion menarik, simak disini!

7. Menghindari Stress

Selain dapat menghambat proses keluarnya ASI, stress juga berpengaruh terhadap kesehatan dan pola makan ibu menyusui. Ketika Anda mengalami stress pada saat menyusui maka kegiatan penting seperti makan, akan menjadi pelarian Anda untuk menghindari stress. Kebiasaan buruk ini tentu dapat memperburuk pola makan Anda.

Sehingga, menghindari sumber stress adalah salah satu tips penting diet sehat ibu menyusui, yang penting untuk dilakukan. Langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan berbagai kegiatan pengalih perhatian, seperti olahraga, meditasi, sampai hobi yang Anda sukai.

8. Sering Menyusui

Beberapa penelitian pernah menyatakan bahwa kegiatan menyusui dapat secara alami membantu ibu menyusui mengurangi berat badan. Jadi, bila Anda masih aktif menyusui, Anda tidak perlu repot dengan urusan diet sehat ibu menyusui, karena tentu tips yang satu ini dapat dengan mudah Anda lakukan.

9. Hindari Makanan Dengan Kandungan Gula Tinggi

Berikutnya, kembali mengenai urusan makanan. Anda dapat menghindari berbagai makanan yang mengandung kadar gula tinggi dan mungkin meningkatkan resiko penimbunan lemak sampai diabetes di dalam tubuh Anda. Beberapa jenis makanan yang mengandung kadar gula tinggi adalah termasuk donat, berbagai jenis manisan, sampai kue manis yang mungkin sewaktu hamil Anda nikmati setiap hari.

Sebagai tips diet sehat ibu menyusui, Anda dapat mulai mengurangi konsumsi makanan manis dan menggantinya dengan berbagai makanan untuk diet ibu menyusui yang dapat dengan mudah Anda temui di supermarket sampai pasar.

10. Menghindari Berbagai Obat Pelangsing

Dalam melakukan diet, Anda seringkali merasa tergiur dengan berbagai obat pelangsing. Meski diklaim aman bagi ibu menyusui, sebenarnya obat-obatan ini tidak terlalu dianjurkan untuk Anda konsumsi. Mengapa? Karena kandungan obat dan efek sampingnya terhadap tubuh tidak hanya Anda dapatkan bagi tubuh sendiri, melainkan juga tersalurkan pada si kecil melalui ASI.

Makanan untuk Diet Ibu Menyusui

Daripada mengonsumsi berbagai jenis obat, tablet, sampai pil pelangsing yang berbahaya, ada baiknya Anda mengonsumsi buah-buah, sayuran, dan makanan lain yang terbukti nyata membantu menurunkan berat badan. Berikut rekomendasinya:

1. Kacang Dan Biji-Bijian

Pertama, Anda dapat mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan terutama yang memiliki warna gelap. Hal ini dikarenakan kandungan di dalamnya yang kaya akan vitamin dan zat besi yang baik untuk kesehatan ibu menyusui.

2. Ikan Salmon

Selanjutnya, untuk asupan protein, Anda dapat mengonsumsi ikan salmon. Ikan salmon memiliki kandungan lemak DHA yang baik untuk kesehatan si kecil maupun ibu hamil. Bagi si kecil, lemak DHA mampu meningkatkan pertumbuhan saraf motorik sampai berpengaruh pada kecerdasannya.

3. Sayuran Hijau

Terakhir tips diet sehat ibu menyusui yang harus dilakukan adalah mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran mampu meningkatkan asupan vitamin bagi tubuh Anda maupun sang bayi adalah dengan memperbanyak vitamin A, vitamin C, maupun kalsium yang didapat dengan mudah pada sayur-sayuran hijau.

Nah, di atas adalah beberapa tips diet sehat ibu menyusui yang aman dan dapat dilakukan dengan mudah di rumah maupun di manapun Anda berada. Hal paling penting adalah tetap mencukupi asupan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan ASI yang baik bagi si kecil.

Originally posted 2020-10-21 14:27:27.

Tinggalkan komentar