6 Tips dan Trik Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah

Diet Sehat – Diet dalam rangka menurunkan berat badan itu sebenarnya memang tidak sulit. Hanya saja tergantung niat dan segenap amunisi ketika menjalani. Niat yang baik, diiringi dengan konsistensi yang tinggi, hasilnya tidak akan mengkhianati usaha. Sekarang, coba tanyakan pada diri sendiri, seberapa kuat niat diet kali ini?

Niat yang kuat jika di tengah jalan tergoda dengan hal-hal yang membatalkan diet, program bisa berantakan, terhenti, dan gagal. Niat di awal biasanya diuji di tengah jalan, saat harus menjaga konsistensi. Ujian sebenarnya adalah ketika di berbagai tempat tersedia makanan kesukaan, dan mulai malas menjaga pola hidup sehat.

menurunkan berat

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Berat badan disebut ideal jika seimbang dengan tinggi badan. Setiap orang memiliki berat badan ideal berbeda dengan orang lain. Kecuali memiliki tinggi tubuh yang sama. Meskipun bukan merupakan ukuran mutlak kesehatan, berat badan ideal adalah salah satu indikator tubuh yang sehat. Sebelum menurunkan berat badan, sebaiknya ketahui dulu ukuran idealnya.

Setidaknya ada dua cara yang lazim digunakan untuk mengukur berat badan ideal. Pertama adalah dengan teori Broca. Yaitu teori perhitungan berat badan ideal yang dicetuskan oleh Paul Broca. Seorang dokter yang merupakan ahli anatomi dan antropolog dari Perancis. Kedua adalah teori BMI (Body Mass Index)

1. Teori Broca

Rumus yang digunakan untuk menghitung berat badan ideal pada teori ini berbeda antara pria dan wanita. Berat badan ideal pria adalah= (tinggi badan “dalam centimeter” -100) – ((tinggi badan “dalam centimeter”-100) x 10%). Sedangkan untuk wanita, angka 10% diganti dengan 15%.

Perhitungan ini membuat pria dan wanita yang memiliki tinggi sama, berat badan idealnya berbeda. Berat badan wanita ideal lebih ringan dibanding berat badan pria ideal dengan tinggi yang sama. Dengan begitu, wanita dituntut usaha lebih ekstra untuk menurunkan berat badan mencapai ideal.

2. Teori BMI

Cara menghitung berat badan ideal menggunakan teori ini hanya dengan membagi berat badan terhadap tinggi badan.(dalam meter). Berat badan ideal berada pada BMI 18-25. Jika angka BMI mencapai 40, ini pertanda tubuh menuju obesitas. Maka jika sudah mendekati angka 40, segera cari cara menurunkan berat badan. Baca juga 10 Cara Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu Paling Mudah dan Cepat.

Tips dan Trik Menurunkan Berat Badan

Berikut 5 cara menurunkan berat badan dalam kondisi normal. Kondisi normal berarti tidak ada penyakit serius yang harus ditangani secara khusus. Atau tidak ada program diet khusus yang sedang dijalani. Selama tubuh masih bisa aktif bergerak, dan tidak ada pantangan makanan, cara berikut layak dicoba:

1. Olahraga Rutin

Olahraga dengan berjalan kaki setiap pagi selama 45 menit tanpa terhenti dapat membantu tubuh membakar kalori. Jika ini dilakukan setiap pagi selama satu bulan, dapat menurunkan berat badan signifikan. Bisa jadi efeknya berbeda antara satu dengan orang lain.

2. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Cara umum untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat. Karena karbohidrat di dalam tubuh diolah menjadi glukosa. Kemudian glukosa tersebut diubah menjadi cadangan energi. Jika konsumsi karbohidrat terlalu banyak, maka tumpukan cadangan energi tersebut akan menjadi lemak. Inilah yang membuat tubuh tampak gemuk.

Mengurangi konsumsi karbohidrat adalah cara menurunkan berat badan dengan cepat. Tidak perlu khawatir tubuh akan kekurangan energi karena selain dari karbohidrat, tubuh juga mendapat energi dari lemak dan gula. Oleh karena itu, sesungguhnya tidak masalah mengurangi konsumsi nasi, asal gizi lain terpenuhi dan seimbang.

Selain itu, konsumsi karbohidrat berlebih dapat memicu kenaikan kadar gula dalam darah. Hal ini disebabkan insulin yang berfugsi menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah “kuwalahan” berproduksi. Maka akibatnya, risiko terserang diabetes lebih tinggi bagi orang yang suka makan nasi.

3. Jaga Pola Makan Seimbang

Pola makan seimbang berarti terpenuhi semua kebutuhan tubuh baik karbohidrat, protein, vitamin, hingga mineral. Dalam satu kali makan, secara teori manusia bisa cukup kenyang dengan satu centong nasi. Ditambah satu porsi sayur, satu porsi lauk yang merupakan sumber protein dan vitamin dari buah. Selain sayur, vitamin bisa diperoleh dari sayuran mentah dan segar.

Pola makan seimbang dan porsi secukupnya sangat membantu untuk menurunkan berat badan dan menjadikannya ideal. Karena asupan gizi yang cukup dan seimbang, membuat tubuh tidak merasa kekurangan. Mungkin awalnya terasa agak lapar. Tapi lama kelamaan akan terbiasa demikian.

4. Tambah Konsumsi Air Putih

Ketika mulai lapar dan tergoda untuk menikmati cemilan, segera pupus dengan minum air putih/air mineral. Selain menjaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, juga dapat membantu menurunkan berat badan. Karena tidak ada makanan yang masuk di luar jam makan. Selain itu, air dapat memanipulasi rasa lapar, sehingga perut tetap terisi.

Banyak minum air putih dalam kondisi normal tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan. Hanya saja, mungkin dampaknya adalah lebih sering ingin buang air kecil. Namun bagi penderita gagal ginjal, minum terlalu banyak akan memperberat kinerja ginjal yang sudah tidak berfungsi maksimal. Untuk itu perlu dilakukan cuci darah sebagai pengganti fungsi ginjal.

5. Cukupkan Istirahat

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidur yang tidak teratur dapat mengganggu metabolisme tubuh dan mengacaukan sistem kekebalan. Ini akan menurunkan berat badan dengan cepat atau naik secara drastis. Seringkali, kenaikan berat badan terjadi jika terlalu banyak tidur dan kurang aktivitas.

Sedangkan jika kurang tidur, dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Inilah mengapa orang yang sering insomnia cenderung kurus. Sedangkan orang yang terlalu banyak tidur cenderung gemuk. Maka untuk sehat dan mendapat berat badan ideal harus cukup istirahat. Tidak kurang atau berlebihan.

6. Kelola Mood dan Stres

Mood dan stres sangat berpengaruh terhadap nafsu makan. Sebagian orang semakin ingin sering makan ketika mood buruk atau stres. Sebagian yang lain, kehilangan nafsu makan ketika mood memburuk atau harus mengalami stres. Keduanya, baik nafsu makan meningkat atau memburuk, sama-sama berdampak buruk pada kesehatan, dan berat badan.

Jika dibiarkan berlarut-larut, orang yang kehilangan nafsu makan ketika mood berantakan atau sedang stres juga akan kehilangan berat badan. Tentu orang model seperti ini tidak perlu repot mencari cara menurunkan berat badan. Tapi bagi yang cenderung suka makan ketika mood berantakan atau stres, ini tak bisa dibiarkan. Harus ada upaya khusus untuk mengelola mood dan stres.

Manajemen stres dapat dilakukan dengan sugesti kuat terhadap diri sendiri, bahwa semua hal berjalan baik jika disikapi dengan cara yang baik. Namun jika diri sendiri tidak mampu bersikap tenang, baik, bijak, semuanya bisa berantakan. Berawal dari sugesti ini, hati akan berusaha merasa selalu tenang menghadapi apapun.

Setelah memahami beberapa tips dan trik menurunkan berat badan di atas, cara manakah yang paling ingin segera Anda coba? Semoga dengan mempraktikkan mulai dari yang paling mudah, berat badan ideal segera bisa dimiliki ya. Jangan tunggu nanti untuk mencaai berat badan ideal. Karena sehat harus dimulai dari sekarang.

Originally posted 2020-10-27 13:29:44.

About admin

Check Also

diet sehat tanpa olahraga

Diet Sehat Tanpa Olahraga? Bisa Kok Ikuti 8 Langkah Ini!

Diet Sehat – Diet sehat tanpa olahraga adalah solusi bagi Anda yang tidak punya cukup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *