17 Beragam Pilihan Menu Makanan Yang Tepat Sebagai Cara Diet Sehat dan Murah

DietSehat – Beragam Pilihan Menu Makanan Yang Tepat Sebagai Cara Diet Sehat dan Murah! Siapa orang tentu menginginkan bentuk dan berat badan yang ideal bukan? Baik pria maupun wanita, sebenarnya mereka semua memerlukan berat badan ideal demi meningkatkan kesehatan. Salah satu caranya adalah dengan menjaga pola makan atau program diet.

Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang merasa tersiksa saat diet dan terus-terusan menahan lapar. Mereka sering kali kesulitan untuk menahan keinginan makan dan mudah tergoda saat melihat makanan. Sehingga menghindari makan tentu bukanlah solusi tepat bagi mereka.

Sehingga cara diet sehat dan murah lainnya adalah dengan menghindari makanan tak sehat, serta fokus pada makanan yang tepat. Hindarilah untuk tidak mengonsumsi makanan berat seperti nasi, berkalori tinggi, serta makanan berlemak. Anda juga diharuskan untuk mengatur waktu makan, sehingga mengurangi makan di jam malam.

Menjaga pola makan yang sehat itu baik, asal dilakukan dengan cara tepat. Selain frekuensi makan, anda pun diharuskan memilih makanan yang sehat. Perlu diingat, bahwa makanan sehat itu tidak harus mahal asal memenuhi kebutuhan gizi harian. Lantas apa saja contoh menu makanan untuk diet sehat yang harganya murah? Berikut daftarnya.

cara diet sehat dan murah

Cara Diet Sehat dan Murah dengan Menu Makanan Tepat

Adapun daftar menu makanan yang baik dikonsumsi saat diet adalah:

Kacang merah

Makan kacang merah sebanyak apapun, makanan ini tidak akan membuat anda gendut dan berat badan naik. Sehingga tidak salah, jika anda memiliki stok kacang merah banyak sebagai cemilan diet. Disarankan untuk mengolah kacang merah menjadi sup sebagai cara diet sehat dan murah.

Yogurt

Yogurt memilki kandungan gula yang cukup rendah, serta kandungan vitamin dan serat yang juga tinggi. Walaupun yogurt diproduksi dari susu, tapi produk olahan ini sangat aman dikonsumsi karena dibuat dari susu rendah lemak. Mau dimakan sebanyak apapun, menu yogurt sangat aman asal anda memilih yoghurt plain atau tanpa rasa.

Kentang rebus atau kukus

Cara diet sehat dan murah selanjutnya adalah mengonsumsi kentang rebus atau kukus yang bikin kenyang dan rasanya pun enak. Pilihan makanan ini cocok dijadikan sebagai cemilan ataupun pengganti karbohidrat. Kentang sangat aman dan tidak membuat berat badan semakin bertambah, karena mengandung karbohidrat, vitamin serta tinggi nutrisi.

Salad Sayur

Makanan yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu, karena rasanya enak dan ramah dengan berat badan. Salad sayur bisa anda padukan dengan mayonaise rendah lemak. Isi salad kaya akan kandungan gizi dan vitamin dari berbagai pilihan sayuran seperti tomat, wortel, lobak, selada, dan pilihan sayur lainnya.

Salad buah

Hampir sama seperti salad sayur, cara diet sehat dan murah menggunakan salad buah juga tepat anda jadikan pilihan. Sesuai namanya, menu ini terbuat dari beragam buah-buahan seperti mangga, apel, semangka, melon, kiwi, buah naga, pear, dan lain-lain. Anda bisa memadukannya dengan dressing mayonese atau pun yoghurt yang rendah lemak.

Popcorn

Ingin mengonsumsi makanan yang gurih dan enak saat diet? Popcorn bisa anda coba konsumsi saat diet karena berasal dari jagung yang rendah kalori. Namun disarankan untuk tidak mengonsumsinya dengan campuran gula, karena bahan manis inilah yang justru membuat tubuh anda semakin melar. Sehingga lebih baik makan popcorn yang original tanpa pemanis.

Oatmeal

Cara diet sehat dan murah selanjutnya, adalah menu oatmeal yang merupakan makanan selama menjalani masa diet. Oatmeal mengandung karbohidrat, rendah kalori, serta kandungan gula atau pemanis buatan sangat rendah. Anda bisa menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan atau makan malam yang tidak menyebabkan penumpukan lemak.

Asparagus

Asparagus bisa dijadikan makanan yang super enak dan sangat aman untuk kesehatan. Makanan ini tidak akan membuat anda gemuk asal diolah dengan cara tepat. Asparagus untuk diet sangat cocok diolah sebagai sup asparagus.

Alpukat

Alpokat menjadi salah satu makanan yang tepat dijadikan cara diet sehat dan murah. Alpukat memiliki rasa enak dengan tinggi serat dan lemak sehat, sehingga tidak akan menyebabkan kegemukan. Namun kebanyakan orang mengonsumsinya dengan cara yang salah, yakni mencampurnya dengan gula dan alpukat porsi banyak. Padahal anda bisa mengonsumsinya langsung, smoothies alpukat, serta jus alpukat susu murni.

Tuna

Tuna mengandung rendah lemak dan justru tinggi protein, sehingga masuk dalam kategori makanan sehat yang cocok untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi tuna bisa membentuk badan menjadi lebih ideal serta meningkatkan kesehatan menjadi makin baik.

Telur

Telur menjadi pilihan menu tepat sebagai cara diet sehat dan murah, serta pastinya aman untuk dikonsumsi. Telur mengandung protein yang tinggi, lemak sehat, serta kalori yang tidak terlalu tinggi. Inilah sebabnya, mengonsumsi telur saat diet bisa menimbulkan rasa kenyang yang lebih cepat dan bertahan lama.

Buah-buahan

Seperti yang kita tahu, buah-buahan mengandung tinggi serat yang mampu mencegah pelepasan gula terlalu cepat dalam aliran darah. Buah juga mengandung banyak vitamin dan mineral, sehingga sangat disarankan mengonsumsinya selama diet. Hampir semua jenis buah bisa anda konsumsi, di antaranya seperti pisang, pepaya, jeruk, apel, melon, mangga, buah naga, dan pain sebagainya.

Dada ayam

Seperti yang kita tahu, selama diet sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi daging yang tinggi lemak. Salah satu daging-dagingan yang boleh anda konsumsi adalah daging dada ayam yang rendah lemak. Meski rasanya tidak seenak bagian yang lain, tetapi dada ayam sangat baik bagi kesehatan dan memaksimalkan cara diet sehat dan murah.

Salmon

Ikan salmon mengandung tinggi protein, lemak sehat dan omega 3 yang mampu mencegah obesitas dan efektif dijadikan menu diet. Anda bisa mengolahnya sebagai bahan burger, dipanggang, ataupun dikukus.

Sayur-sayuran

Sayur memang dikenal baik untuk menjaga kesehatan tubuh, mencegah obesitas, serta cara diet sehat dan murah. Sayur sangat kaya akan serat, mineral, rendah kalori serta karbohidrat. Pastikan selalu menambahkan banyak sayur dalam porsi makan harian anda, karena sayur tidak mengandung lemak.

Kacang-kacangan

Kacang mengandung protein tinggi, serat, serta lemak sehat yang seimbang dan cocok untuk makanan saat diet sehat.  Meski bahan makanan ini mengandung kalori tinggi, tidak akan masalah bila kamu mengonsumsinya dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan. Sesekali konsumsilah kacang sebagai makanan berat ataupun cemilan, misalnya kedelai, edamame, kacang tanah rebus, serta tahu dan tempe kukus.

Simak artikel lainnya disini.

Olahan gandum utuh

Selama anda masih menjalani masa diet, cobalah untuk mengonsumsi gandum sebagai pilihan cara diet sehat dan murah. Ada banyak jenis produk yang diolah dari gandum sebagai cara diet sehat dan murah, contohnya seperti oat, roti tawar gandum dan juga quinoa. Makanan yang terbuat dari gandum utuh kaya akan serat dan protein cukup tinggi, serta tidak akan menyebabkan kegemukan.

Cara diet sehat dan murah dengan berbagai pilihan menu di atas, pastinya akan membuat program diet anda terhindar dari rasa lapar. Anda tetap bisa mengonsumsi makanan enak yang sehat, serta terhindar dari penumpukan lemak.

About admin

Check Also

nutrisi untuk diet sehat

3 Nutrisi Untuk Diet Sehat yang Tepat, Cara Hitung dan Aturan Diet

Diet Sehat – Nutrisi untuk diet sehat ini harus dipertimbangkan dengan baik, sebelum memutuskan untuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *