7 Makanan Rendah Kalori yang Tidak Ganggu Jadwal Diet Sehat Anda

DietSehatAda 7 Makanan Rendah Kalori yang Tidak Ganggu Jadwal Diet Sehat Anda. Bukan rahasia lagi jika kelebihan berat badan kini menjadi masalah banyak orang. Kondisi ini tentu bukan tanpa alasan. Sebab pada kenyataannya, masalah kesehatan yang satu ini dapat menjadi pemicu masalah kesehatan lain yang lebih serius. Sebut saja diabetes, hipertensi, stroke, dan gagal jantung lebih berisiko bagi orang kegemukan.

Alasan kesehatan ini pulalah yang membuat banyak orang memutuskan untuk hijrah menuju gaya hidup yang lebih sehat. Salah satu cara yang dianggap paling efektif ialah dengan menerapkan 3J. Apa itu 3J? Sebenarnya, metode ini merupakan cara yang digunakan oleh orang dengan diabetes untuk mengontrol berat badan. Yakni dengan mengatur jenis makanan, jumlah makanan, dan jadwal mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

jadwal diet sehat

7 Makanan Rendah Kalori yang Tidak Ganggu Jadwal Diet Sehat Anda

Penerapan 3J tersebut rupanya tidak hanya dilakukan oleh orang yang mengidap penyakit gula. Namun dapat pula dilakukan oleh orang normal untuk mengontrol berat badan. Nah, mengingat pentingnya Anda memilih jenis makanan yang tepat, berikut ini adalah 7 makanan rendah kalori yang tak ganggu jadwal diet sehat Anda.

Telur

Makanan rendah kalori yang pertama adalah telur. Selain dikenal sebagai makanan yang tinggi protein hewani, telur juga merupakan makanan yang bisa bantu turunkan berat badan. Hal ini karena dalam 100 gram telur hanya mengandung 155,1 kcal kalori saja. Dan bukan itu saja, makanan yang kaya protein ini juga dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Bahkan, mengonsumsi dua butir telur ketika sarapan pagi sudah dapat perut Anda hingga jam makan siang tiba. Maka dari itu, ketimbang melewatkan sarapan dari jadwal diet sehat anda, lebih baik jika anda sarapan dengan dua butir telur ini. terlebih, ada fakta menarik dari sumber protein hewani ini. Yakni bahwa putih telur rupanya memberikan lebih banyak nutrisi ketimbang kuning telurnya.

Pisang

Makanan rendah kalori berikutnya yang aman anda konsumsi adalah pisang. Buah dengan nama Latin Musa paradisiaca ini tentunya bukan buah yang sulit anda temukan, bukan? Ya, buah yang dapat tumbuh baik di sembarang musim ini rupanya hanya mengandung sangat sedikit kalori. yakni hanya 88 kcal untuk setiap 100 gramnya. Sehingga tak khayal, buah ini dianggap sebagai buah 0 kalori karena hanya sedikit sekali mengandung kalori.

Pisang juga merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Alasannya yakni karena buah ini mengandung 358 mg kalium, 1 mg natrium, 2.6 g serat pangan, dan berbagai vitamin lainnya. Nah, masihkah ragu memasukkan pisang sebagai asupan makanan dalam jadwal diet sehat Anda?

Semangka

Semangka menjadi makanan 0 kalori yang direkomendasikan untuk Anda berikutnya. Buah yang mudah dikenali karena warna hijau bergaris pada kulitnya ini merupakan buah yang amat sedikit kandung kalori. Hal ini karena unsur yang paling banyak dikandung oleh buah dengan nama Latin Citrullus lanatus ini adalah air. Sehingga bagi Anda yang sedang jalankan diet sehat, Anda tak perlu khawatir akan kelebihan kalori karena konsumsi buah yang satu ini.

Buah yang masih termasuk dalam golongan Cucurbitales ini merupakan buah yang mengandung sangat sedikit kalori. Bahkan, di angka yang lebih rendah dibanding pisang. Alasan inilah yang menjadikan semangka menjadi salah satu rekomendasi buah yang Anda konsumsi pada jadwal diet sehat Anda. Yakni hanya 30 kcal kalori setiap 100 gramnya. Buah semangka juga kandung mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti natrium, kalium, dan vitamin A, C, dan D.

Apel

Makanan rendah kalori yang aman bagi Anda yang sedang jalankan diet sehat berikutnya adalah apel. Hal ini karena karena buah yang miliki nama Latin Malus domestica mengandung sangat sedikit kalori. Dan bukan itu saja, apel juga merupakan satu di antara buah yang mengandung sedikit gula sehingga aman dikonsumsi bagi orang dengan diabetes.

Kandungan air yang tinggi dalam buah ini membuat apel kaya akan antioksidan. Sehingga selain kandung banyak nutrisi, buah ini juga baik untuk imunitas tubuh. Inilah yang kemudian menjadikan apel sebagai buah rekomendasi untuk jadwal diet sehat Anda. Dan pastinya, alasan buah ini direkomendasikan untuk masuk dalam jadwal diet sehat Anda adalah karena apel kandung kalori yang rendah. Yakni hanya 52 kcal saja untuk setiap 100 gramnya.

Pear

Bukan hanya apel saja yang baik untuk diet, buah pir nyatanya juga menjadi buah dengan kriteria yang aman dikonsumsi bagi orang yang sedang diet. Ini karena buah yang miliki nama Latin Pyrus ini merupakan buah tinggi serat yang bisa buat anda kenyang lebih lama. Sehingga bagi anda yang gemar ngemil tapi tidak ingin gemuk, anda bisa ganti camilan dengan buah ini.

Mengapa demikian? Sebab selain kandung serat yang baik untuk pencernaan, orang yang konsumsi buah pir 35% lebih kecil berisiko alami kegemukan. Hal ini karena dalam 100 gram buah pir hanya mengandung kalori sebanyak 57 kcal. Sehingga bisa dipastikan, dengan kalori yang sangat sedikit ini tidak akan membuat tubuh anda menumpuk-numpuk kalori, bukan? Sebab ini pulalah yang menjadikan pear atau pir ini sebagai buah yang direkomendasikan untuk jadwal diet sehat Anda.

Timun

Buah berikutnya yang aman dikonsumsi bagi yang sedang jalankan diet sehat tanpa obat adalah timun. Hal ini karena seperti semangka dan buah-buah lainnya, buah yang miliki nama Latin Cucumis sativus ini merupakan buah kaya oksidan yang tinggi serat. Sehingga timun atau yang sering juga disebut dengan mentimun ini direkomendasikan menjadi alternatif camilan yang tidak ganggu program diet anda.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Sebab buah yang padat nutrisi ini hanya mengandung kalori sebanyak 45 kcal saja setiap 100 gramnya. Jumlah ini bahkan tidak mencapai 1% kebutuhan kalori harian Anda. Fakta ini pula yang menjadikan mentimun sebagai buah rekomendasi untuk dimasukkan pada jadwal diet sehat Anda. Sehingga bisa dikatakan, mentimun adalah buah yang menyelamatkan Anda dari haus dan lapar tapi tidak membuat Anda gemuk.

Simak artikel lainnya disini.

Wortel

Makanan 0 kalori yang direkomendasikan untuk Anda berikutnya adalah wortel. buah yang dikenal sebagai sumber vitamin A alami ini merupakan buah yang ternyata baik dikonsumsi untuk diet. Sebab buah yang biasa diolah menjadi sayur ini rupanya merupakan buah yang kandung sangat sedikit kalori. yakni hanya 41 kcal saja untuk setiap 100 gramnya. Jumlah ini bahkan lebih sedikit dari mentimun, pear, maupun apel.

Demikianlah pemaparan mengenai beberapa makanan rendah kalori yang bisa Anda konsumsi ketika diet. Mengonsumsi jenis makanan ini akan membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingga jika ngemil adalah kebiasaan buruk yang dapat menggagalkan jadwal diet sehat, anda tak perlu khawatir. Sebab makanan yang biasa disebut makanan 0 kalori ini tidak akan menambah-nambah kalori dalam tubuh Anda.

Originally posted 2020-10-10 12:11:21.

About admin

Check Also

menu diet sarapan pagi

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *